Categories: Nasional

BI Akan Terbitkan Desain Uang Baru Bergambar Pahlawan Nasional

BERIMBANG.COM, Jakarta – Dalam waktu dekat, Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang baru. Urusan desainnya, dijamin sangat Indonesia. Lantaran bergambar pahlawan nasional (panas) yang sudah banyak dilupakan orang.

Direktur Eksekutif Pengelolaan Uang BI, Suhaedi mengatakan, desain uang anyar masih dalam tahap persiapan. Dan, BI sengaja memasang gambar pahlawan, sesuai Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016.

“Berdasarkan Keputusan Presiden tersebut BI akan melakukan persiapan sebaik-baiknya. Untuk tanggal penerbitan, serta ciri-ciri uang akan ditetapkan oleh Dewan Gubernur,” kata Suhaedi di Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Direktur Departemen Komunikasi BI, Arbonas Hutabarat mengatakan, uang baru tersebut akan memiliki tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seperti uang pecahan Rp100 ribu yang sekarang sudah beredar. “Waktu pelaksanaan penyusunan desain dan penerbitan uang tersebut akan dilakukan dan diumumkan pada tahun 2016,” kata Arbonas.

Arbonas mengatakan, BI juga memperkuat unsur pengaman pada uang rupiah baru tersebut untuk mempermudah mengenal uang rupiah asli dan uang rupiah palsu.

Jika uang baru tersebut telah dikeluarkan dan diedarkan, kata Arbonas, uang rupiah kertas dan logam yang masih beredar saat ini masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI hingga secara resmi ditarik dari peredaran.

Secara rinci, Arbonas menjelaskan, akan terdapat tujuh pecahan uang baru dalam bentuk kertas dan empat pecahan uang rupiah logam sebagai berikut :

a. Gambar Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp100 ribu

b. Gambar Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp50 ribu

c. Gambar Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp20 ribu.

d. Gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp10 ribu.

e. Gambar Pahlawan Nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp5 ribu.

f. Gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp2 ribu.

g. Gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutia sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp1.000.

h. Gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp1.000.

i. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp500.

j. Gambar Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp200.

k. Gambar Pahlawan Nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp100.

Sumber : inilah.com

Recent Posts

Tidak Memiliki SIKM, Tim Patroli Biru Jaring 200 Kendaran Luar Depok Untuk Putar Balik

BERIMBANG.com, Depok - Tim Patroli Biru menjaring 200 kendaraan dari luar Kota Depok dan meminta untuk putar balik karena tidak memiliki Surat… Read More

14 jam ago

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Sterilisasi Pasar Cileungsi

BERIMBANG.com - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor kembali melakukan, sterilisasi pasar tradisional Cileungsi, penyemprotan Disinfektan dan tes massal kepada… Read More

1 hari ago

Damkar Depok Semprot Cairan Disinfektan Selama Penutupan Pasar Cisalak

BERIMBANG.com, Depok - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Semprot Cairan Disinfektan di area Pasar Cisalak setelah empat pedagang… Read More

1 hari ago

Samsuar Terpilih Jadi Ketua Koperasi Bentukan LPM Kota Depok

BERIMBANG.com, Depok - Ketua LPM Kemirimuka, Beji Kota Depok, Samsuar Terpilih menjadi ketua Koperasi Pemberdayaan Masyarakat bentukan DPD LPM Kota… Read More

1 hari ago

Ditanya Soal Anggaran, Ketua K3S Tapung Hulu Blokir Kontak Wartawan

BERIMBANG.com Riau - Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Karsilah S Pd diduga kangkangi… Read More

3 hari ago

Sedang Halal Bihalal, Preman Ancam Tusuk Wartawan Republika

BERIMBANG.COM, Depok, Wartawan senior Republika Rusdy Nurdiansyah diancam ditusuk oleh preman mabuk ketika halal bihalal. Preman Andre Stevanus alias Glen… Read More

3 hari ago