Bogor

Tanggapan DPMD Kabupaten Bogor, Bangun Jalan Anggaran Samisade

Spread the love

BERIMBANG.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor menanggapi proyek satu milyar satu desa atau Samisade ditahun 2022, khususnya pembangunan jalan di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur.

Kepala sub koordinator Samisade DPMD, Arif menjelaskan pembangunan jalan merujuk pada kesepakatan musyawarah warga yang perlu menggandeng leading sektor terkait, “Usulan desa ini mentah,” katanya, diruang kantor DPMD pada Senin (9/1/2023).

Komplen warga soal jalan yang tidak merata ketebalannya, bergelombang dan lainnya, menurut Arif, DPMD dan Kecamatan setempat serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev).

“Pengurangan (perubahan spesifikasi) itu harus ada mekanisme musyawarah Desa, diketahui oleh warga,” katanya, “(Mungkin) Warganya (yang komplen) tidak ikut rapat musyawarah,” kata Arif.

“Nanti ada Monev, biasanya setelah pembangunan,” kata Arif, tidak menjelaskan rinci kapan waktu dan tanggalnya melakukan Monev.

Sebelumnya diberitakan, dikutip dari berimbang.com pekerjaan betonisasi di Kampung Bojong Honje – Kampung Ciledug, Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, dikomplen warga.

Salah satu tokoh pemuda Desa Pabuaran Ika Sukmawijaya menyayangkan pekerjaan yang sedang dikerjakan diwilayah Desanya, menurut dia, material yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi bahkan yang seharusnya memakai batu split sebagai dasar betonisasi, hanya menggunakan batu koral dari kali saja.

‚ÄĚKami cek dilokasi pekerjaan, ketebalan yang seharusnya 12 cm, kami temukan kekurangan bervariasi, ada yang ketebalannya 6 cm, 7 cm dan dibeberapa titik yang 12 cm hanya buggestingnya saja lalu untuk betonisasi banyak yang bergelombang dan memang terkesan asal-asalan,” jelas Ika, (12/11/2022).

(Tengku Yusrizal)

Tinggalkan Balasan