Seni Kolaborasi Tradisional Dan Modern Meriahkan HUT PGRI Ke 70

 127 Views

IMG_20151125_133339

BERIMBANG.COM, Bogor – Pagelaran Seni Tradisional yang dikolaborasikan dengan seni modern turut memeriahkan peringatan Hari jadi Guru dan Ulang Tahun PGRI ke 70 Tahun 2015 di wilayah kecamatan Cigombong, Rabu (25/11) pagi tadi.

Seni kolaborasi ini ditampilkan oleh Sanggar Gema Suara Sunda dari siswa siswi SDN Tugu Jaya 2, Desa Tugu Jaya. Peringatan ini juga diisi dengan kegiatan olah raga jalan sehat yang diikuti oleh ratusan anggota PGRI Pengurus Cabang Kecamatan Cigombong.

IMG_20151125_133351

Saat ditemui berimbang.com disela kegiatan berlangsung, Kepala UPT Pendidikan Cigombong, Haji Jaenudin Husen mengakui bahwa kondisi budaya tradisional sunda khususnya saat ini sangat mengkhawatirkan. Sehingga penting dilakukan berbagai upaya untuk menyelamatkannya, salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan yakni dengan menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006, yang disesuaikan dengan potensi sekolah masing masing melalui point Muatan Lokal (Mulok).

“Point wajib dalam Mulok itu bahasa Sunda serta kelengkapan budaya lainnya seperti Pupuh, Kinanti, Sinom, Asmarandhana dan Dangdanggula atau biasa kami sebut ksad”, jelas Jaenudin kepada berimbang.com

Sementara itu, Ketua PGRI Cabang Cigombong, Agus Sandi mengatakan, peringatan Hari Guru dan Hari Ulang Tahun PGRI tahun ini mengusung tema menguatkan soliditas dan solidaritas antar anggota sesama profesi, dari kita oleh kita dan untuk kita, juga sebagai media untuk mempererat tali silaturahmi salah satu diantaranya.

“Kegiatan ini diikuti oleh 733 anggota dari 46 guru SD Negeri 6, SD swasta serta beberapa SMP, SMA dan SMK,” sebut Agus.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, anggaran untuk kegiatan dihimpun dari swadaya anggota, sementara untuk hadiah disediakan oleh sekolah masing masing. “Biaya dihimpun dari dana swadaya anggota PGRI dan hadiah door prize juga disediakan oleh sekolah masing masing ditambah dengan door prize partisipasi dari ketua KNPI Cigombong Haji Iwan Sofwan zaqqi”, jelasnya

Peringatan ini dikonsentrasikan di lapangan Desa Tugu Jaya Cigombong dengan rangkaian kegiatan Upacara pengibaran bendera Merah Putih dilanjutkan dengan sesi seremonial diawali Jalan Sehat dan diakhiri dengan hiburan live musik yang dimeriahkan oleh Grup Musik Dangdut asal desa Ciburayut, New Dhamesta Entertainment (Nana Suryana)

Tinggalkan Balasan