Polres Kabupaten Sukabumi Gelar Rakor Lintas Sektoral

BERIMBANG.COM,Sukabumi – Jelang perayaan Natal dan Tahun baru, Jajaran Polres Kabupaten Sukabumi menggelar 'Rapat Koordinasi' (Rakor – red) lintas sektoral guna terciptanya kondusifitas serta keamanan di lingkungan Masyarakat, terutama bagi Masyarakat yang merayakannya.  di Aula Polres Sukabumi, Kamis 

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (15/12) lalu, dilaksanakan di Aula Polres Sukabumi dan dipimpin langsung oleh Kompol Riky Widya Muharam selaku Wakapolres Sukabumi. Dalam sambutannya, Waka Polres mengatakan, bahwa rakor tersebut merupakan persiapan operasi khusus kepolisian tingkat Polres Sukabumi jelang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 yang tidak lama lagi akan dihelat.

Kompol Riky juga menerangkan, khusnya di wilayah Kabupaten Sukabumi, sedikitnya  ada 19 gereja yang akan merayakan Natal sehingga perlu mendapatkan pengawalan untuk mengantisipasi terjadinya intoleransi serta hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepada  berimbang.com, Kompol Riky juga  mengatakan, jajarannya akan kerahkan pasukan. Khusus untuk pergantian tahun baru, yang akan difokuskan pada titik objek wisata maupun di jalur menuju Palabuhanratu karenanya peningkatan pengunjung serta kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini akan menimbulkan peningkatan kerawanan.

Rakor tersebut selain bertujuan untuk pengamanan, juga dimaksudkan untuk  membangun komunikasi yang baik dari semua pihak, guna terciptanya solusi atas permasalahan yang mungkin akan timbul ditengah dua perhelatan akbar tersebut.

“Kita berupaya mengimbangi pola Pam statis di Pospam, maka Polres Kabupaten Sukabumi akan melaksanakan pula Pam dinamis berupa kegiatan patroli bersama elemen dan unsur terkait dalam rangka peninjauan situasi pada saat perayaan Natal dan tahun baru di wilkum Polres Kabupaten Sukabumi nanti,” Pungkas Waka Polres.

Di tempat berbeda, Wakil Bupati Sukabumi, Drs. Adjo Sardjono, M.M,  yang berhasil ditemui dan dimintai tanggapannya oleh berimbang.com terkait Rakor tersebut, mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang telah Polres Kabupaten Sukabumi lakukan terkait rakor pengamanan Natal dan tahun baru, kegiatan rakor tersebut merupakan upaya menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Sukabumi.

"Dengan demikian, untuk merealisasikan hal itu, semua elemen diharapkan bisa terlibat, seperti Dishubkominfo, Dinas Bina Marga, Disparbudpora, BPBD," tandas Wakil Bupati.

Wabup juga berpesan dan mengingatkan, bahwa dalam setiap perayaan acara tahun baru, identik dengan acara hura-hura, bahkan rentan penyalahgunaan narkoba.  Sehingga menurut Wabup, hal tersebut tentunya sangat bertolak belakang dengan visi dan misi Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri. 

Selain itu Wabup juga menambahkan, bahwa semua pihak harus bersinergi dalam hal menjaga keamanan terutama di kawasan wisata yang rawan akan tindak kriminal, serta dihimbau kepada seluruh elemen untuk saling memantau agar jangan samai terjadi kegiatan 'pungli' disemua kawasan di wilayah Kabupaten Sukabumi. (Oloan)