Musda Dekopinda Kabupaten Bogor, Koperasi Harus Siap Menuju Era Digital

 447 Views

BERIMBANG.com Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bogor, Asep Mulyana Sudrajat membuka Musyawarah Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bogor tahun 2020.

Asep mengatakan banyaknya koperasi yang tidak aktif membuat optimalsisasi program yang bersentuhan langsung dengan pengembangan kewirausahaan dan koperasi perlu digalakan.

“Pandemi covid-19 telah berdampak pada semua sektor termasuk koperasi. Untuk itu pemerintah daerah terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi,”

“Ditengah perjuangan memutus penyebaran dan penularan covid-19 melalui berbagai program kegiatan seperti bansos, hibah, stimulus dan pinjaman lunak untuk meredam dampak pandemi,” kata Asep, di Auditorium Setda, Kamis (17/12/2020).

Lanjut Asep, koperasi harus siap menuju era digital. “Saya harap forum ini benar-benar dimanfaatkan secara optimal, agar kedepan Dekopinda mampu memperjuangkan cita-cita, nilai dan prinsip gerakan koperasi Indonesia,” katanya.

“Dekopinda harus bisa menjadi sumber inspirasi, harapan dan kekuatan gerakan koperasi dalam mengembangkan dan meningkatkan kinerja serta menyiapkan koperasi menuju digitalisasi koperasi maupun koperasi moderen 5.0 berbasis komunitas,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Berdasarkan data tahun 2020 terdapat total 1.651 unit koperasi di Kabupaten Bogor. Dari jumlah tersebut, 589 unit merupakan koperasi aktif dan sisanya 1.062 unit tidak aktif.

Sedangkan jumlah anggota koperasi yang tercatat sebanyak 91.555 orang dengan volume usaha koperasi mencapai 550 milyar dengan sisa hasil usaha mencapai 42,6 milyar.

(Derima/Parman/Tim Humas Diskominfo Kab. Bogor)