Menggunakan Golok Dan Bambu, Warga serang Karyawan PT. Pertiwi Lestari

 99 Views

151722_620

BERIMBANG.COM, Karawang – Bentrokan terjadi antara sekelompok warga dengan PT Pertiwi Lestari di dusun Cisadang, Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang Selasa, 11 Oktober 2016. Ratusan warga, aparat dan sejumlah sekuriti Pertiwi Lestari terlibat perkelahian pada Selasa siang.

Agus Prijanto, Pegawai bagian Humas PT Pertiwi Lestari mengatakan, peristiwa bermula ketika perusahaan pengembang itu sedang melakukan pengerasan jalan dari arah dusun Cisadang ke Kiara Hayam. Jalan konsorium itu rencananya akan diproyeksikan sebagai penghubung kawasan industri baru di Karawang.

“Dalam proses itu, kita dihadang oleh warga.kemudian tiba – tiba dari samping semak belukar keluar puluhan orang membawa golok, kayu dan potongan bambu,” kata Agus kepada wartawan di Rumah Sakit Rosela, Selasa, 11 Oktober 2016.

Ratusan warga kemudian menghadang backhoe dan buldozer milik Pertiwi Lestari. Terlihat warga bergerombol memukuli backhoe dan alat berat yang sedang meratakan tanah. “Mereka menyerang sekuriti kita dan beberapa karyawan pengawas menjadi korban penyerangan liar itu,” kata Agus.

Seorang sekuriti Pertiwi Lestari bernama Adi kena bacok di bagian belakang kepalanya. Ia mengaku kaget ketika tiba-tiba diserang dari arah belakang. Massa yang keluar dari semak-semak tiba-tiba mengejar Adi dan kawan-kawannya.  Ia mengaku tiga kali kena pukul senjata tajam di bagian belakang kepala. Adi pun tersungkur di pukulan ke tiga. “Saya pikir saya sudah mati waktu itu. Untung saya ditarik kawan saya,” kata Adi. “Ini seperti sudah direncanain, banyak sekali. Kita seperti terlingkar, dikepung,”

Kepala Kepolsian Sektor Telukjambe Barat, Hasanudin mengatakan, setelah situasi dapat dikendalikan pihaknya segera mengevakuasi para korban ke Rumah Sakit Rosela dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). “Saat ini lokasi dijaga dua pleton anggota polisi dari Brimob Polda Jabar dan Dalmas Polres Karawang,” ujarnya.

Ia menambahkan,  di lokasi kejadian, polisi mengamankan sejumlah senjata tajam dan bambu runcing yang diduga sudah disiapkan sebelumnya. Selain itu, polisi mengamankan tiga orang sekuriti Pertiwi Lestari untuk dimintai keterangan.

Sementara itu Kepala Bagian Operasi Polres Karawang, Dikdik Purwanto
mengatakan, saat ini polisi masih melakukan penyelidikan dan mencari
penyebab pasti bentrokan yang melibatkan warga dengan petugas Pertiwi Lestari.

Namun polisi masih kesulitan memintai keterangan warga karena mereka
menggunakan penutup wajah hingga sulit dikenali. “Saat ini di lokasi
bentrokan sudah kondusif,” katanya. (His)

Tinggalkan Balasan