Kondisi Jembatan Akses Jalan Nasional Cibadak Keropos Dan Terancam Ambruk

 264 Views

img-20161209-wa0101

BERIMBANG.COM, Sukabumi – Kondisi jembatan Pamuruyan yang terletak di wilayah Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, terancam ambruk. Pasalnya, penyebab terjadinya hal tersebut, selain curah hujan yang turun dengan intensitas tinggi yang mengguyur kawasan Cibadak dan sekitarnya dalam beberapa bulan ini, usia jembatan yang Berdasarkan hasil pantauan Berimbang.com di lapangan, kondisi jembatan jalan nasional tersebut mengalami kerusakan dibagian tepi kiri dari arah Sukabumi, lubang yang menganga cukup besar serta memanjang, nampak jelas terlihat bila kita melalui jembatan tersebut, hal ini diakibatkan lantaran pondasi jembatan yang sudah kosong akibat tergerus arus Sungai Pamuruyan.

sehingga kendaraan dengan daya angkut besar harus bergantian melaluinya, yang akhirnya kemacetan arus lalulintas pun tak terhindarkan.    

Salah seorang Warga Cibadak yang kesehariannya berjualan didekat jembatan, Asep (45) pada Sabtu (09/12) kepada berimbang.com mengatakan, “yang Saya tau sih kejadiannya hari Kamis, kurang lebih sekitar jam 3 pagi, memang hujan turun hampir seharian pada saat itu, dan cukup deras,” jelas Asep.

Kemungkinan besar, bila kondisi kerusakan jembatan yang bisa dibilang sudah cukup parah itu tetap dibiarkan, maka dikhawatirkan dalam waktu dekat akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi, bahkan bukan tidak mungkin akan ambruk serta dikhawatirkan pula akan memakan korban, yang tentunya Jika hal itu terjadi, maka otomatis aktivitas Warga di Sukabumi akan lumpuh total. Bahkan dua kabupaten yang berdekatan yaitu Bogor dan Cianjur pun akan mengalami imbasnya, selain jembatan ini, tidak ada lagi akses menuju Ibu Kota Kabupaten Sukabumi.

“Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi, jika saja perawatan jembatan yang memang sudah ada anggarannya tersebut dilakukan secara berkala, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ini tidak bisa ditolelir jika nantinya ditemukan bukti-bukti yang mengarah pada kelalayan dari Pejabat yang terkait dengan hal ini. Semoga saja Pemerintah dalam waktu dekat segera melakukan perbaikan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, mengingat keberadaan jembatan tersebut sangat vital bagi Masyarakat yang berhak mendapatan sarana dan prasarana jalan yang baik dan aman,” ungkap salah seorang Tokoh Masyarakat setempat yang tidak bersedia disebutkan identitasnya. (OLOAN/WAWAN).

 

Tinggalkan Balasan