Jalan Desa Cibalung Rusak Berat, Pemkab Bogor Tutup Mata

 33 Views

IMG_20151215_123848

BERIMBANG.COM, Bogor – Pemerintah Desa Cibalung di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat nyaris putus asa memperjuangkan aspirasi masyarakatnya terkait akses jalan di wilayahnya yang saat ini kondisinya sudah rusak berat, pasalnya permohonan peningkatan jalan yang diajukan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor selama beberapa tahun terakhir hingga kini masih juga belum terealisasi.

Saat ditemui berimbang.com di ruang kerjanya, Sekretaris Desa (Sekdes) Cibalung Saeful Rahman mengatakan, bahwa Pemdes Cibalung sudah mengajukan permohonan perbaikan jalan ke Pemda Kabupaten Bogor sejak tahun 2011 lalu dan diajukan kembali pada tahun tahun berikutnya melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang).

Bahkan, pada tahun 2014, petugas dari UPT Bina Marga wilayah Ciomas sudah melakukan peninjauan ke lokasi namun Pemda Kabupaten Bogor hingga kini belum juga merealisasikan permohonan peningkatan jalan di wilayahnya. Padahal, pada tahun 2014 lalu, petugas dari dinas terkait sudah melakukan peninjauan ke lokasi.

“Tahun 2014 lalu kepala UPT Bina Marga mengatakan bahwa jalan di wilayah kami sudah masuk dalam listing, tinggal menunggu waktu pelaksanaan pekerjaannya, tapi sampai sekarang belum juga ada pelaksanaannya”, imbuh Saiful.

Lebih lanjut, Saeful menjelaskan, pada tahun 2008, jalan dengan panjang sekitar 4 kilo meter dengan lebar 3 meter itu dibangun oleh TNI dari Komando Resort Militer (Korem) Provinsi Jawa Barat melalui Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Yang makin bikin kami bingung, saat TMMD jalan ini masuk dalam kategori jalan kabupaten, tapi belakangan ini ketika kami mempertanyakan permohonan, pemda malah menyatakan bahwa jalan ini masuk kategori jalan desa. Kalo kami harus membiayai perbaikan jalan ini, dana yang mana yang harus kami alokasikan, karena nilai pekerjaannya sangat fantastis sekitar satu milyar lebih”, tambah Saeful.

Sebagai tambahan informasi, jalan di Desa Cibalung ini dimanfaatkan oleh warga di empat wilayah Rukun Warga (Rw), yakni meliputi Kampung Cibalung, Cipaok, Jonggol, Muara Cideung, Pakaladen, Lengo, Kerenceng, Pangerasan dan Kampung Ciomas.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala UPT Bina Marga Wilayah Ciomas belum bisa dimintai keterangan, saat berimbang.com mendatangi kantornya di Kawasan Ciomas, diketahui Kepala UPT tersebut sedang tidak berada ditempat dan dihubungi melalui pesawat telepon genggamnya, sedang tidak aktif. (Raden/Nana)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: