Gelar Baksos Donor Darah Dalam Rangkaian HPN & HUT PWI Ke-75 di Kab. Bogor

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 299 Views

BERIMBANG.com Aksi peduli kemanusiaan, kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) Donor Darah digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor sebagai rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional tahun 2021 dan HUT PWI ke-75 tingkat Kabupaten Bogor.

Kegiatan donor dilaksanakan di Ruang Serbaguna 1, Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor, Cibinong, Selasa (9/3/2021) dengan protokol kesehatan yang ketat.

Staff Ahli Bupati Bidang Administrasi dan Keuangan, Sony Abdussyukur mengatakan, dirinya mengapresiasi Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah yang diselenggarakan PWI Bersama PMI, sebagai wujud kepedulian kemanusiaan dalam menyikapi pentingnya ketersediaan darah di Bank PMI Kabupaten Bogor.

“Donor darah sangat berarti bagi para penerima darah atau recipient. Banyak orang yang terselamatkan hidupnya dengan menerima darah saudara-saudara tanpa mengetahui siapa dan dari mana penolongnya. Inilah hakikat tolong-menolong tanpa pamrih,” ujar Sony.

Sony menambahkan, atas nama pemerintah Kabupaten Bogor mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional khususnya kepada seluruh wartawan yang bertugas di Kabupaten Bogor.

Sekaligus mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-75 kepada keluarga besar Persatuan Wartawan Indonesia. Semoga PWI semakin maju sebagai wadah aktualialisasi insan pers dalam pembangunan bangsa.

Sementara itu, Dokter Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor Muhamad Fuad menjelaskan, PWI bekerja sama dengan PMI Kabupaten Bogor dalam kegiatan donor darah sebagai salah satu bakti sosial peringatan hari pers nasional tahun 2021 dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-75 Tingkat Kabupaten Bogor.

“Hari ini diturunkan petugas sebanyak 11 orang yang terdiri dari 9 orang di bagian pendonor darah dan sisanya di bagian pengecekan awal. Petugas ini berasal dari tim Unit Tranfusi Darah Kabupaten Bogor,” ucap Fuad.

Menurut data, lanjut Fuad, sudah terdapat lebih dari 10 orang dari berbagai unsur majemuk seperti masyarakat umum, TNI/Polri dan Pers yang telah mendonorkan darahnya. Mudah-mudahan nanti siang dapat lebih banyak orang yang mendonorkan darahnya.

“Bagi pendonor yang ingin melakukan donor darah, perlu memperhatikan beberapa hal seperti menjaga kesehatan tubuh, tekanan darah bagus, Hb-nya bagus, tidur minimal 5 jam, berat badan minimal 47 kg, tidak sedang meminum obat selama 2 hari sebelum melakukan pendonoran, usia minimal 17 tahun dan maksimal  65 tahun,” tandasnya.

(Tim Publik/Diskominfo Kab. Bogor)