Categories: Nasional

BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Pada libur Panjang

BERIMBANG.COM, Bandung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat.

Peringatan itu berlaku mulai 6 Mei 2016 sampai 8 Mei 201 seperti yang dirilis di http://meteo.bmkg.go.id/peringatan/ekstrim laman resminya.

Prakirawan BMKG Bandung, Yuni Yulianti, mengatakan, Jawa Barat merupakan satu wilayah yang mendapatkan peringatan tersebut.

Menurutnya, peringatan potensi hujan lebat disebabkan adanya konvergensi di Samudera Hindia Selatan Banten dan kelembaban udara yang tinggi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah Jabar,” ujar Yuni kepada wartawan di kantornya, Kamis (5/5/2016).

Menurut Yuni, potensi hujan lebat itu terjadi merata di kota/kabupaten di Jabar. Potensi hujan lebat itu diperkirakan terjadi pada sore menjelang malam hari.

Adapun durasi hujan tidak berlangsung lama atau sekitar dua jam. Hujan lebat ini pun bersifat lokal sehingga tidak terjadi merata dalam satu wilayah.

“Hujannya tidak sporadis, tidak kontinyu, dan tidak bersamaan. Jadi kalau hujan di wilayah utara dulu, baru menyusul ke timur, barat, da selatan,” ujar Yuni.

Adanya potensi hujan lebat, Yuni mengatakan, warga Jabar patut mewaspadai potensi longsor dan banjir bandang meskipun tingkatnya lebih rendah dibandingkan Maret dan April.

Meski durasinya hanya sebentar, namun curah dan intensitas hujannya cukup tinggi, yakni 10-20 mm/jam.

“Di Bandung, wilayah yang potensi huja lebat tinggi ada di utara dan selatan. Di utara dan selatan harus waspada tebing curam dan pohon tumbang. Kalau bisa jangan melintas wilayah tebing ketika terjadi hujan lebat,” kata Yuni. (*)

Recent Posts

Kelurahan Tanah Baru Kota Bogor Bagikan Sertipikat PTSL

BERIMBANG.com Bogor - Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, bagikan 121 sertipikat Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis… Read More

14 jam ago

Bupati Bogor Minta BUMD Dapat Menghasilkan Untung

BERIMBANG.com Bogor - Bupati Bogor, Ade Yasin memimpin rapat sosialisasi perubahan badan hukum BUMD di Ruang Rapat Bupati, Cibinong, Kabupaten… Read More

15 jam ago

Kajatisu Perintahkan Aspidsus Telisik Perkara Tertunggak

BERIMBANG.com Medan - Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Amir Yanto tak menampik jika ada beberapa kasus dugaan tindak pidana korupsi… Read More

18 jam ago

Miris, Pemkot Depok Menolak Lokasi Alun – Alun Dijadikan  Hari Pers Nasional 2020

BERIMBANG.COM, Depok – Nasib Panitia Pelaksana Semarak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang merupakan gabungan dari Organisasi dan Komunitas Wartawan… Read More

2 hari ago

Anak Gizi Buruk, Kumat setelah Dua Tahun di Kabupaten Bogor

BERIMBANG.com Bogor - Penderita Gizi Buruk yang selayaknya sudah punah di Republik Indonesia tercinta ini. Apalagi dikabarkan Indonesia sudah lepas dari… Read More

2 hari ago

Pastikan Kualitas Air Bersih, Komisi B DPRD Depok Kunjungi PDAM Tirta Asasta

BERIMBANG.COM, Depok - Dalam rangka memastikan kualitas air bersih, Komisi B DPRD Kota Depok, melakukan kegiatan kunjungan kerja (Kunker) dalam… Read More

2 hari ago