Begini Cara Pokdarwis Jatijajar Promosikan Objek Wisata Situ Jatijajar

56
Ketua Pokdarwis, Taryono saat memperlihatkan Ikan Hasil tangakapannya.

BERIMBANG.COM, Depok – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Jatijajar, Kota Depok konsisten dalam memperkenalkan sejumlah objek wisata yang ada di Situ Jatijajar melalui gelaran event lomba mancing.

Pola pengenalan tersebut dianggap ampuh untuk mendatangkan sejumlah warga baik dari Kota Depok, maupun luar Depok. Event itu juga sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu dan banyak diikuti peserta dari luar Depok.

“Event lomba mancing ini juga sekaligus sebagai upaya pengenalan sejumlah Objek wisata yang ada di Situ Jatijajar. Event seperti ini juga sudah jadi agenda rutin tahunan Pokdarwis,” kata Ketua Pokdarwis Jatijajar, Taryono, Senin,(31/12/2018).

Kurun waktu satu tahun ini pihak Pokdarwis Jatijajar telah empat kali lakukan sosialisasi pesona alam di Situ Jatijajar melalui event lomba mancing. Tiap gelaran event mampu datangkan ratusan orang wisatawan lokal hingga non lokal.

“Antusias warga sangat luar biasa. Tiap event yang kami gelar tidak kurang dari 300 orang peserta lomba sekaligus sebagai wisatawan di situ ini,” ujarnya.

Dirinya mengaku event lomba yang kali ini digelar pada Minggu,(30/12/2018) kemarin berlangsung lancar dan sukses lantaran lokasi situ dipadati para peserta lomba. Terlebih, mayoritas peserta lomba banyak mendapat ikan dengan ukuran berfariasi.

Ikan paling besar yang didapat peserta, beratnya 7,6 kilogram. Untuk jumlah ikan yang dilepas ada sebanyak 8.400 ekor ikan jenis bawal dan patin. Mayoritas ikan bawal berat ikan berfariasi mulai dari ukuran satu kilogram hingga 7,6 kilogram.

Untuk menambah minat, disediakan sejumlah hadiah dan door prize. Panitia lomba menyediakan hadiah sebesar Rp.5 juta untuk ikan terberat dan door prize sebesar Rp. 2 juta untuk sepuluh orang peserta lomba mancing.

“Total hadiah yang kami sediakan sebesar Rp.15 juta. Untuk ikan terberatnya ukuran 7,6 kilogram dan berhak menjadi juara pertama sekaligus mendapat hadiah Rp.5 juta,” jelas Taryono.

Seperti diketahui, Situ Jatijajar miliki luas area kurang dari 10 hektar. Situ ini juga dikenal dengan pesona alamnya yang masih terlihat indah, asri dan bersih. Terdapat tiga objek wisata yang ada di Situ Jatijajar yakni, wisata religi, wisata air, wisata mancing. (Red).