Walikota Depok : Masalah Pembangunan Jalan Dan Kemacetan Akan Tuntas Di Tahun 2020

BERIMBANG.COM, Depok – Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan,  kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan cukup berat selama tiga tahun kepemimpinan Idris-Pradi di Kota Depok. 

Kemacetan Jl JuandaKemacetan Jl Dewi SartikaHal itu diungkapkan Walikota di acara Ngopi Bareng bersama wartawan yang tergabung dalam Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Kota Depok di kawasan Kota Kembang, Jumat petang (8/3/19).

Menurut Idris, permasalahan kemacetan lalu lintas ini karena terjadi ketidakseimbangan antara pertumbuhan ruas jalan dengan petumbuhan kendaraan bermotor jauh lebih banyak jumlahnya dari pada pembangunan ruas jalan.
Walikota Depok, Mohammad Idris di acara ngopi bareng Sekber Wartawan Depok 

“Pembangunan jaringan ruas jalan memang agak lamban karena membutuhkan anggaran yang cukup besar, apalagi harga tanah di Depok sekarang ini cukup mahal,” kata Idris.

Selain itu, titik permasalahan dari kemacetan ini, menurut dia, pelebaran jalan yang belum terlaksana, namun sudah dibangun jalan tol tanpa diiringi pembangunan jalan pendamping.

“Kami bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah pusat dengan adanya jalan tol, namun konsekuensi kemacetan lalu lintas jadi masalah di Depok karena tidak dibarengi dengan pembangunan jalan pendampingnya,” ujarnya.

Permasalahan lain kemacetan lalu lintas ini, lanjutnya, pembangunan untuk jalan jalan protokol ataupun jalan tol selama ini masih dikelola oleh pemerintah pusat atau pemerintah provinsi.

“Sedangkan pembangunan jalan pengganti diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah,” ucap Idris.

Walikota Depok berharap, untuk permasalahan pembangunan jalan dan kemacetan lalu lintas ini bisa dituntaskan pada tahun 2020. *