WALHI : Damkar Dihimbau Untuk Menggunakan Gas Detektor Tangani Bau Gas Di Depok

 102 Views

Ilustrasi
Ilustrasi

BERIMBANG.COM, Depok – Hebohnya pemberitaan kebocoran pipa gas di Depok di khawatirkan dapat menimbulkan gangguan di lokasi sekitar kebocoran dan berpotensi resiko keselamatan & kesehatan lingkungan setempat.

Kepala Kajian Riset dan Pengembangan Walhi DKI Jakarta, Elnard Peter menghimbau agar Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok  untuk melengkapi peralatannya dengan menggunakan Gas Detector untuk deteksi dini apabila ada keluhan serupa kembali terjadi di kemudian hari.

Gas Detector berfungsi untuk mendeteksi keberadaan gas-gas yang bersifat combustible (mudah terbakar) seperti gas alam cair propane dan butane serta gas alam methane.

“Keberadaan pipa-pipa gas tersebut tentu tidak dapat dihindari karena untuk menopang keperluan banyak pihak, namun wajib di awasi serta dikendalikan manakala ada keluhan bau gas seperti yang terjadi sore ini,” Tulis Elnard melalui rilis yang diterima berimbang.com. Senin (7/12/2015)

Demikian pula tambah Elnard, kesiapan inspektur yang bertugas (Damkar.red) dalam merespon keluhan masyarakat,  yang tentu dari pihak operator wajib memberikan arahan kepada petugas di lapangan manakala benar terjadi kebocoran agar terisolir dengan baik dan tidak berkembang menjadi bencana.

“Sebaiknya pihak K3LL (Kesehatan & Keselamatan Kerja dan Lindungan Lingkungan) dari operator yang tercatat memiliki jaringan pipa gas di Depok segera dihubungi agar datang ke lokasi guna memastikan bau gas menggunakan Gas Detector bukan produk yang berasal dari pipa mereka dan membahayakan masyarakat,” Tulisnya. (Yuli Efendi)

Tinggalkan Balasan