Wabup Bogor Dampingi Pangdam III/Siliwangi Tinjau Setu Tlajungilir

 36 Views

BERIMBANG.com Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto didampingi Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat meninjau Setu Tlajungilir, di Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Wilayah Kodim 0621/Kabupaten Bogor. Jawa Barat.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menjelaskan kegiatan revitalisasi waduk atau setu yang bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) sejak tahun lalu.

“kami ingin mengembalikan fungsi dari waduk atau setu yang ada diwilayah Jawa Barat khususnya di Kabupaten Bogor ini sebagai cadangan air untuk warga disekitar setu tersebut,” kata Pangdam, Senin (24/08/2020).

Lanjutnya, tahun lalu mengerjakan 5 Setu dan tahun ini akan mengerjakan 7 Setu. “Setu Tlajungilir ini kita kerjakan tahun lalu, luasnya sekitar 6,4 hektar dan memiliki kedalamam 3 meter saat awal dibangun.” kata Pangdam.

Pangdam meminta masyarakat agar bisa menjaga setu untuk memberikan manfaat bagi warga sekitar. “kita membutuhkan setu untuk siklus pemanfaatan air dan lain sebagainya,” kata Nugroho.

Perintah Pangdam ke Dandim, agar Setu Tlajungilir bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, baik itu budidaya ikan atau kegiatan lainnya.

“Koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda), Polres, Kecamatan dan unsur masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan setu sehingga kedepannya masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari adanya setu ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan berterima kasih atas kunjungan Pangdam III/Siliwangi yang sangat konsen membenahi waduk atau setu yang ada di Kabupaten Bogor.

“Kabupaten Bogor, kurang lebih mempunyai 95 waduk atau setu yang tersebar di 40 Kecamatan dan kita juga mempunyai 9 DAS (Daerah Aliran Sungai).” terangnya.

“Semoga Kerjasama dalam membangun atau revitalisasi setu akan terus berjalan dengan baik sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari adanya waduk atau setu diwilayahnya,” pungkas Iwan Setiawan.

Laporan: Derima/Rizki/Diskominfo Kabupaten Bogor.
Editor: Tengku Yusrizal.

%d blogger menyukai ini: