Bogor

Puluhan Rumah Warga Rusak Kena Angin Puting Beliung, Pemdes Srogol Langsung Berikan Bantuan Tanggap Darurat Berupa Material

Spread the love

BERIMBANG.COM, Bogor – Puluhan rumah milik warga Desa Srogol, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat rusak akibat terkena angin puting beliung yang disetai hujan pada beberapa waktu lalu.

Pada saat itu juga rumah – rumah milik warga yang rusak langsung di data oleh Ketua RT masing – masing dengan langsung melaporkannya kepada pihak Pemerintah Desa Srogol hingga langsung dilakukan evakuasi oleh Rt/Rw, Pemerintah Desa, serta Masyarakat.

Kepala Desa Srogol, Asep Irwan Kuswara mengatakan, Awalnya ada laporan dari masing – masing Ketua Rt bahwa ada puluhan rumah milik warga yang rusak karena terkena angin puting beliung pada senin, 16 Oktober lalu. Pihaknya langsung mengecek dan melakukan pendataan terhadap rumah – rumah milik warga yang rusak tersebut sekaligus melakukan evakuasi.

“Setelah dilakukan pengecekan ke lapangan terdapat sekitr 76 rumah warga yang rusak dari mulai rusak parah dan rusak ringan,” ungkapnya.

Lanjut Asep menerangkan, setelah dilakukan pendataan rumah yang rusak tersebut pihak Pemerintah Desa Srogol langsung memeberikan bantuan berupa material dengan sesuai kebutuhan.

“Kita langsung memberikan bantuan bahan material
Berupa asbes 500 lembar, genteng palentong 2000, dan batako sebanyak 3000, berikut semen, kayu, dan pasir. Bantuan material tersebut yang langsung disalurkan melalui Rt masing – masing. Bantuan tersebut merupakan program anggaran Dana Desa untuk tangga darurat bencana,” terangnya.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan Pemerintah Desa tersebut, Asep Irwan¬† menjelaskan, Agar rumah –¬† rumah warga yang rusak tersebut sehingga bisa kembagi ditempati sambil menunggu bantun dari BPBD Kabupaten Bogor.

“Bantuan dari Perintah Desa ini agar rumah warga yang rusak bisa langsung ditempati kembali sambil menunggu bantuan selanjutnya dari BPBD. Jadi program Dana Desa ini juga digunakan untuk tanggap darurat bencana dan juga digunakan untuk tanggap darurat kekeringan air bersih untuk masyarakat,” jelasnya.

Irwan menambahkan, Dengan adanya peristiwa bencana apapun kita gerak cepat demi untuk kebaikan warga.

“Alhamdulillah semua dapat tercover dengan baik, sebelum mendapat bantuan dari BPBD jadi kita bantu dulu untuk meringankan beban warga masyarakat yang mengalami musibah. Dari kejadian ini tidak ada kobran jiwa hanya saja mengalami kerugian material,” tutupnya.

Pantaun Berimbang.Com sampai saat ini perbaikan rumah yang rusak parah masah dalam tahap pengerjaan, karena banyaknya rumah yang rusak karena angin puting beliung tersebut.

(Na)

Tinggalkan Balasan