Program BAZNAS Dukung Pancakarsa, Wabup Bogor: Potensi Zakat Merupakan Instrumen

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 331 Views

BERIMBANG.com Partisipasi dan kontribusi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bogor dalam upaya percepatan penanganan Covid-19, serta mendukung cita-cita Pancakarsa, mendapat apresiasi dan penghargaan dari Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan.

“Sebagai institusi resmi yang diberikan kewenangan untuk mengumpulkan dana zakat, BAZNAS diharapkan berperan aktif dalam membantu program pemerintah mengurangi angka kemiskinan,” kata Iwan, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Hotel Bigland, Babakan Madang, Selasa (16/3/2021).

Mengenai kegiatan Rakor pengelola UPZ, Iwan mengatakan hal ini sangat penting untuk menguatkan konsolidasi dan kinerja para pengumpul zakat baik pada perangkat daerah, kecamatan, sampai ke tingkat kelurahan dan desa.

Terlebih di saat kondisi pandemi yang belum berakhir, bencana alam, dan menurunnya kondisi sosial ekonomi masyarakat yang ditandai naiknya angka pengangguran, naiknya angka kemiskinan serta menurunnya laju pertumbuhan ekonomi daerah.

“Potensi zakat merupakan instrumen pemberdayaan ekonomi sehingga perlu sinergitas untuk mencapai pengelolaannya yang baik agar dapat betul-betul memberikan dampak signifikan dalam mengatasi kemiskinan serta peningkataan kualitas hidup mustahik,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAZ Kabupaten Bogor, KH. Lesmana menjelaskan, BAZNAZ Kabupaten Bogor senantiasa mendukung program Pemerintah Kabupaten Bogor,

Untuk mewujudkan kesalehan sosial dan terwujudnya visi Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban. Dengan program unggulan BAZNAS yakni Bogor Taqwa, Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Peduli dan Bogor Makmur.

“Dalam masa pandemi Covid-19 berbagai program unggulan BAZNAS Kabupaten Bogor seperti santunan 2.000 yatim, santunan guru agama dan lain sebagainya, sementara harus mengalami berbagai penyesuaian dikarenakan adanya aturan PPKM,” ujar Lesmana.

Meski demikian, kata dia, kondisi sekarang ini tidak akan menyurutkan semangat BAZNAS Kabupaten Bogor untuk tetap melayani para mustahik di Kabupaten Bogor.

Dana zakat, infak dan sedekah yang terkumpul selama tahun 2020 ini telah disalurkan untuk pencegahan dan penanggulangan yang terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Bogor.

“Bantuan 2.000 sajadah yang diberikan kepada 40 masjid besar kecamatan, bantuan 30.356 paket sembako, bantuan kesehatan untuk yang dirawat maupun yang berobat jalan sebanyak 2.539 orang, bantuan biaya pendidikan sebayak 922 orang, dan bantuan fisabilillah sebanyak 300 orang,” terangnya.

“Kami berharap kepada semua UPZ untuk mengoptimalkan penghimpunan zakat fitrah, zakat maal, infak dan sedekah serta melaporkan dan menyetorkannya ke BAZNAS Kabupaten Bogor setiap bulan,” pungkasnya.

(Tim Publik/Diskominfo Kab. Bogor)