PMI Mulai Layani Donor Plasma Konvalen, Bupati Bogor: Ayo Bantu Sesama

 240 Views

BERIMBANG.com Demi memfasilitasi penyintas Covid-19 yang ingin menjadi donor plasma konvalesen, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor telah menyiapkan sejumlah Unit Donor Darah (UDD) untuk menampung donor plasma konvalesen.

Ketua PMI Kabupaten Bogor Zainal Syafruddin berharap para penyintas Covid-19 dapat membantu sesama dengan menyumbangkan plasmanya. Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh

“Plasma konvalesen digunakan sebagai salah satu terapi pasien Covid-19 yang sedang dalam masa perawatan. Kerja sama dengan pemerintah daerah, rumah sakit rujukan Covid-19 pun menjadi penting untuk bersama-sama mengurangi dampak pandemi ini,” ujar Zainal

Soal persyaratan pendonor, Zainal menambahkan, semua penyintas Covid-19 memenuhi syarat untuk dapat memberikan plasma darahnya sebagai bagian dari terapi plasma konvalesen.

“Selain syarat kesehatan donor, seperti bebas dari penyakit infeksius, ada syarat tambahan yang harus dipenuhi oleh calon donor. Kemudian harus terbukti, pendonor (calon donor) memiliki antibodi dalam jumlah cukup,” terangnya.

Bupati Bogor Ajak Penyintas Donor

Ade Yasin selaku bupati Bogor mengajak penyintas Covid-19 donorkan plasma konvalesen demi mengurangi penyebaran Covid-19 di di Kabupaten Bogor. Menurutnya, pemerintah telah mencanangkan gerakan nasional donor plasma konvalesen.

Hal tersebut diungkapkan Ade saat mengecek proses donor plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor, Senin (25/01/2021).

Donor plasma konvalesen, kata dia, guna mengurangi penyebaran covid -19. Saat ini PMI Kabupaten Bogor telah memiliki peralatan dan tenaga medis yang memenuhi kualifikasi untuk memproses plasma darah konvalesen sebelum didonorkan ke pasien covid-19.

“Ayo bantu sesama, setetes darah anda sejuta harapan untuk mereka,” tandas Ade Yasin.

Perlu diketahui, Plasma konvalesen umumnya diambil dari orang yang pernah menderita atau orang yang mampu bertahan hidup dari Covid-19, Donot plasma tersebut nantinya digunakan untuk terapi penyembuhan mereka yang positif Covid-19.

Dengan harapan penyintas Covid-19 yang menjadi donor itu sudah membentuk antibodi. Di Jawa Barat yang bisa mengambil donor plasma konvalesen hanya ada 4 UTD antara lain, Bogor, Bekasi, Cirebon, Bandung.

(Mey/Rido/Diskominfo)

%d blogger menyukai ini: