Pemkot Depok Genjot Destinasi Wisata Alam

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 607 Views

BERIMBANG.COM, Depok- Banyaknya jumlah situ yang ada di Kota Depok, Jawa Barat akan dioptimalkan jadi destinasi wisata alam. Dari 23 jumlah situ yang ada, baru delapan situ yang telah terkelola dan jadi objek wisata alam. Kini sejumlah potensi destinasi wisata itu tengah digenjot pihak Pemerintah Kota Depok . Targetnya dua situ akan dikembangkan ditiap satu tahun.

Tahun ini untuk pengembangan objek wisata alam pihak Dinas Pariwisata Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok targetkan dua situ seperti, Situ Jatijajar dan Situ Rawa Besar. Kedua situ miliki potensi yang baik. Terlebih Situ Rawa Besar yang letaknya ada di wilayah pusat kota. Situ Rawa Besar bisa jadi lokasi wisata alam yang paling strategis dan potensial. Jelas Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Pariwisata Disporyata Depok, Yelis Rosdiana di Depok.

Untuk tingkatkan destinasi wisata alam yang ada, Disporyata Depok tengah menata kembali Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang telah terbentuk ditiap Wilayah Kelurahan. “Kami ingin semua wilayah di Depok jadi objek wisata. Jadi akan dilakukan pembenahan dan pembentukan Pokdarwis yang ada di tiap wilayah Kelurahan,” kata Yelis.

Nantinya, dikatakan Yelis, ada pembinaan sehingga kedepanya lebih mampu kembangkan wisata alam lain yang ada di tiap wilayah Kelurahan. Sehingga pengembangan wisata alam tidak hanya sebatas pada sepedah air. Lebih dari itu, kreatifitas warga sekitar situ juga perlu ditingkatkan untuk lebih mampu kembangkan objek wisata alam seperti situ.

“Untuk sarana prasarananya dari Pemkot. Bentuk usulan yang masuk, nanti bisa dimasukan dalam APBD,” kataya.

Selain wisata alam, pihak Pemerintah Kota Depok, melalui Disporyata tengah mengiatkan destinasi wisata lain seperti wisata buatan, budaya, dan religi. “Saat ini kami masih berupaya menumbuh kembangkan destinasi wisata pada sejumlah wilayah di Depok. Destinasi wisata alam, buatan, budaya dan religi,” jelas Yelis 

Kesempatan lain, Lurah Jatijajar, Sugino  mengaku telah mmenerima surat yang bersifat segera untuk pembentukan Pokdarwis Situ Jatijajar. Terkait itu juga pihaknya telah realisasilan rapat kerja dengan sejumlah warga sekitar situ yang sebelumnya terlibat dalam Pokdarwis. “Usai rapat rapat yg digelar antar warga sekitar situ, dalam waktu dekat akan dilakukan pembentukan atau pembenahan Pokdarwis yang sebelumnya sudah ada,” katanya.

Terkait pengembangan wisata alam, ada tiga situ yang kini jadi prioritas objek wisata yyang bagus pihak Disporyata. Tiga situ itu dinilai miliki potensi besar mendongkrak perkembangan pariwisata. Sebagai prioritas, Situ Jatijajar, Cilodong, Pengasinan. “Tiga Situ itu selain miliki kualitas air yang baik dan terawat, akses jalannya juga cukup mudah dijangkau para wisatawan dan miliki panorama alam yang bagus,” kata Yelis.

Kedepan, potensi wisata lainya seperti budaya dan religi juga akan dikembangkan. Pihak Pemkot telah lakukan kajian sejumlah potensi wisata ke duanya. Jalan Pemuda,rumah bersejarah seperti Rumah Cimanggis, Kuil dan Gereja tertua di Depok juga akan jadi bagian dari destinasi wisata di Depok.(ko)