Pemdes Tugu Jaya Terpilih Untuk Mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten

4

BERIMBANG.COM, Bogor- Menindaklanjuti hasil Analisa dan Validasi oleh Tim Evaluasi Perkembangan Desa atau Kelurahan Tingkat Kabupaten, telah ditetapkan 6 Desa di 6 Kecamatan untuk dilaksanakan peninjauan dan krarifikasi ke Desa juara 1 Lomba Desa Tingkat Kecamatan. Maka, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Deni Ardiana yang diwakili Kabid Pemdes DPMD, Agus Lidwan, melaksanakan peninjauan dan klarifikasi tersebut di Desa Tugujaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, senin (9/4/18)

Perlombaan Desa adalah evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha Pemerintah Desa bersama masyarakat. Menurutnya, malalui perlombaan desa diharapkan mampu mengembangkan swadaya gotong royong masyarakat yang dapat meningkatkan kemajuan serta keberhasilan masyarakat dan Pemerintah desa sertaPemerintah Daerah.

"Sistem penilaian Lomban Desa ini terdiri dari 4 Bidang Kewenangan Desa sebagaimana pasal 19 UU Nomor 6 tahun 2014. Diantaranya, Kewenangan berdasarkan hak asal usul, Kewenangan lokal berskala Desa, Kewenangan yang ditugaskan oleh Pemerintah baik Pemerintah Daerah maupun Provinsi, dan Kewenangan lain yang ditugaskan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota maupun Provinsi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar Agus Lidwan kepada wartawan saat melaksankan peninjauan dan klarifikasi juara Lomba Desa.

Sementara itu, Kepala Desa Tugujaya, Sugandi Sigit mengatakan, Pelaksanaan Peninjauan dan Klarifikasi Lomba Desa Tingkat Kabupaten yang digelar diwilayahnya dianggap sebagai suatu kebanggaan tersendiri. Karena Pemerintahan Desa yang dipimpinnya ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten untuk mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten. 

"Ini merupakan suatu anugrah buat pemerintahan Desa Tugujaya seperti yang kami sampaikan tadi sesuai perjalanan dan pekerjaan yang kita laksanakan bersama masyarakat," ujarnya

Soal penilaian nanti, tambah Sigit, menyerahkan sepenuhnya kepada Tim Evaluasi Perkembangan Desa dalam perlombaan tersebut. Dirinya mengakui jika kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaannya pasti banyak, tapi itulah berangkat dari kelemahan dan kekurangan menjadi dasar kepercayaan dan rasa optimis kami.

"Dengan adanya perlombaan ini, berharap semoga menjadi motifasi buat saya dalam memperlengkap administrasi serta menyiapkan segalanya kedepan nanti, kelihatan banyak kekurangannya kita berangkat dari situ. Sehingga menjadi acuan khususnya masyarakat dan Pemerintah Desa Tugujaya," pungkasnya. (Na)