Menunjang PJJ, SMPN Se Depok Dapat Bantuan Kuota Internet

 139 Views

BERIMBANG.com, Depok – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menerima banyak bantuan dari sejumlah penyedia layanan telekomunikasi (provider) berupa kartu kuota. Kartu-kartu tersebut, diberikan secara cuma-cuma kepada pelajar serta tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan satuan pendidikan.

“Bantuan ini merupakan respons dari para provider terhadap kebijakan pemerintah pusat, terkait bantuan kuota internet, guna menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kuotanya sendiri beragam, sekitar 30-35 Gigabyte (GB),” kata Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Disdik Depok, Mulyadi,Selasa (01/09/20).

Untuk di lingkungan SMP sendiri, kata Mulyadi, sudah ada beberapa provider yang memberikan kartu kuota. Seperti Telkomsel yang berencana memberikan ke 26 SMP Negeri (SMPN) di Kota Depok, Axis ke SMPN 13, XL ke SMPN 7, dan Indosat untuk siswa prasejahtera.

“Jumlah bantuan kartu yang diberikan beragam, namun tetap mengacu pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Bantuan diberikan pada sekolah secara bertahap,” tambahnya.

Mulyadi menambahkan, karena untuk menunjang PJJ, kuota hanya bisa dipakai mengakses situs atau aplikasi yang berbasis pendidikan dan bahasa. Termasuk, aplikasi yang menggunakan tatap muka secara virtual, seperti Google Meet atau Zoom Meeting.

“Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban pelajar atau orang tua murid terkait kuota internet. Dengan demikian, diharapkan kegiatan PJJ dapat diikuti lebih maksimal lagi,” pungkasnya.

Iik