Categories: Nasional

Menpora Canangkan Program Seribu Lapangan Olahraga di Bogor

BERIMBANG.COM, BOGOR – Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) secara resmi membuka program bantuan pembangunan dan atau rehabilitasi lapangan olahraga desa tahun 2016. Acara perdana ini dilangsungkan di lapangan sepak bola Kemang – Joglo, Kampung Kemang RT 02/10, Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Rabu (13/4/2016).

Dalam kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengungkapkan, tujuan dari program pembangunan satu desa satu lapangan ini sebagai bentuk nyata kehadiran negara dalam membangun Indonesia, mulai dari desa dan dari pinggiran.

“Sejak program ini diluncurkan tahun 2015 hingga Maret 2016 lalu, tercatat sudah ada sekitar 450 lapangan olahraga yang sudah dibangun dan tersebar di seluruh desa di Indonesia,” kata Imam.

Imam menambahkan, keberadaan lapangan desa sebagai upaya membudayakan olahraga masyarakat dan memastikan masyarakat desa untuk selalu hidup sehat. Termasuk mendorong pemuda desa untuk peduli olahraga sekaligus memperkokoh pondasi olahraga yang melahirkan bibit – bibit atlet potensial.

“Satu dari ribuan lapangan sepak bola yang berada di wilayah desa se-Indonesia, Desa Sukaluyu terpilih sebagai desa yang menerima bantuan untuk rehabilitasi lapangan sepakbola,” ujar Kepala Desa Sukaluyu, Sarip.

Bahkan Sarif menambah, dari 74 ribu desa se-Indonesia, Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, terpilih menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan launching perdana dari program Kemenpora tersebut.

“Saya merasa terhormat karena ini menjadi kebanggaan tersendiri dengan dipilihnya Desa Sukaluyu untuk launching perdana se-Indonesia sekaligus mendapat bantuan rehabilitasi sarana olahraga. Semoga ini menjadi angin segar untuk bidang olahraga di wilayah kami dan bisa melahirkan bibit-bibit berprestasi yang berkualitas,” ungkapnya.

Dari bantuan yang diterima sebesar Rp185 juta, rencananya pada lapangan ini akan dibangun drainase di sekitaran lapangan, tribun penonton berkapasitas 100 orang, termasuk pembangunan ruang ganti dan kamar mandi dari swadaya masyarakat.

Lapangan sepak bola Kemang ini berukuran 95 meter dengan lebar 65 meter. Hampir mendekati lapangan sepakbola berskala nasional yang berukuran 110 meter dengan lebar 70 meter persegi. Nantinya, setelah lapangan ini selesai direhabilitasi, akan ada peresmian lebih lanjut.(Raden)

Recent Posts

Dalam Dialog di Radio Teman 95,3 FM Kabupaten Bogor PARFI Optimis Pilih Ketua

BERIMBANG.com Bogor - Organisasi Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) akan menentukan ketuanya yang baru pada bulan Maret mendatang. Disebutkan Ketua… Read More

38 menit ago

Kesbangpol Kabupaten OKU Gelar Pembinaan & Pengendalian Ormas dan LSM

BERIMBANG.com OKU - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan, menggelar giat rutin dalam pembinaan serta… Read More

1 jam ago

Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2020, Wabup Bogor: Tingkatkan Minat Baca

BERIMBANG.com Jakarta - Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengahadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2020. Rakornas dibuka oleh… Read More

3 jam ago

Pembukaan Pelaksanaan MTQ Ke XXIX Tingkat Kabupatan OKU

BERIMBANG.com OKU - MTQ Ke XXIX Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tahun 1441H/2020M diikuti 13 kecamatan se OKU dengan… Read More

4 jam ago

Gelar Pisah-Sambut, Kapolres OKU di Jabat Arif Hidayat Ritonga

BERIMBANG.com OKU - Pisah Sambut Kepala Polisi Resort Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan, digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati… Read More

4 jam ago

Kelurahan Tanah Baru Kota Bogor Bagikan Sertipikat PTSL

BERIMBANG.com Bogor - Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, bagikan 121 sertipikat Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis… Read More

24 jam ago