Libatkan Masyarakat, Pejuang Pandemi Bakal Raih “Anugerah PWI Kota Bogor 2020”

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 339 Views

BERIMBANG.com Bogor – Banyaknya korban akibat COVID-19 yang mematikan. Perjuangan tanpa lelah bagi mereka yang terlibat langsung memutus mata rantai paparan virus patut di apresiasi dan diberi penghargaan.

Atas dasar itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor bakal mengganjar penghargaan bagi mereka yang berjuang melawan pandemi COVID-19, layaknya pahlawan.

Event yang dinamakan, “Anugerah PWI Kota Bogor 2020”, menjadi agenda akhir tahun organisasi pers tertua di Indonesia. Penerima pemghargaan akan diumumkan pada 11 Desember 2020 nanti.

Harapannya, Anugerah PWI dapat memotivasi seluruh elemen masyarakat Kota Bogor khususnya, bisa bersama-sama melawan pandemi COVID-19, agar cepat berakhir dan kehidupan masyarakat kembali normal.

“Penanganan pandemi ini.. kan.. bukan tugas pemerintah semata, tapi butuh dukungan masyarakat,” kata Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti, beberapa waktu lalu.

Masyarakat yang telah berjibaku membantu pemerintah melawan pandemi patut diberi penghargaan, “Anugerah PWI Kota Bogor untuk para pejuang COVID-19,”

“Tujuannya hanya satu, yakni untuk mengapresiasi saudara-saudara kita yang berjuang tanpa lelah selama pandemi ini,” tuturnya.

Dukunganpun mengalir, diantaranya, “dari Wali Kota Pak Bima Arya dan Wakil Wali Kota Pak Dedie A. Rachim yang merangkap Kasatgas Percepatan Penanganan Covid -19 Kota Bogor,” terang Ari, sapaan akbranya.

Bagi mereka yang akan mendapat penghargaan pejuang pandemi yang ditetapkan sebagai penerima, bukanlah asal tunjuk. Hal itu dijelaskan Tegar Bagja selaku Ketua panitia Anugerah PWI Kota Bogor 2020.

Tegar mengatakan, proses penjaringan, konfirmasi dan verifikasi hingga sidang penetapan calon penerima Anugerah, “Dalam tahapan yang kami susun, masyarakat juga dilibatkan,”

“Tahap usulan calon penerima anugerah sudah mulai kita buka bertepatan dengan Hari Pahlawan. Selanjutnya, masyarakat juga akan kembali terlibat dalam tahap penentuan melalui jejak pendapat yang nanti akan kita buka,” terang Tegar.

Anugerah PWI ini akan diberikan kepada masyarakat umum/perorangan, komunitas/organisasi/perkumpulan/kelompok masyarakat, yayasan/badan usaha/perusahaan/wiraswasta, karyawan/pegawai negeri dan swasta, tenaga profesional/pengusaha, juga penghargaan khusus bagi pewarta Kota Bogor.

Dibagi dengan Katogeri Tenaga Kesehatan, Kategori Kemanusiaan dan Kategori Filantropi. “Mereka adalah subjek dan objek penerima anugerah. Mereka bisa mengusulkan dan berkemungkinan untuk memperoleh penghargaan ini,” katanya.

“Perjuangan, upaya dan pengorbanan panjang mereka di tahun 2020 itu, menjadi catatan penting dan tidak boleh kita lupakan. Anugerah ini adalah penanda dan penghormatan atas keterlibatan mereka,” kata Tegar.

Sebagai saksi peristiwa dari perjalanan besar masa pandemi di Kota Bogor, kepedulian para jurnalis dibawah naungan PWI Kota Bogor ini tergerak dan berharap agar bentuk penghargaan ini menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk para jurnalis, PWI Kota Bogor juga akan memberikan penghargaan jurnalistik bagi wartawan yang berjuang di masa pandemi dengan karya tulisnya yang bernilai kemanusiaan dan sosial melalui penghargaan Cipta Panita Biwara.

“Banyak rekan wartawan yang saat itu tetap meliput, menyajikan berita meski taruhannya adalah nyawa. Mereka karyanya menanamkan harapan bahwa kita sanggup menghadapi masa gelap pandemi,” kata Tegar.

“Jangan sia-siakan perjuangan mereka. Kita juga patut bangga dan takzim (amat hormat dan sopan) atas pengorbanan mereka,” pungkasnya.

Proses penetapan pemenang Anugerah PWI Kota Bogor dilakukan 5 tahap. Tahap awal adalah penerimaan usulan dari publik.

Tahap kedua, melakukan identifikasi, memilah kategori dan melakukan verifikasi data usulan yang masuk. Tahap ketiga, menentukan unggulan bagi setiap kategori,

Dilanjutkan tahap berikutnya, membuka jejak pendapat bagi masyarakat melalui website www.anugerahpwibogor.com dan media sosial yang disediakan oleh panitia.

Tahap akhir, dilakukan penilaian oleh Tim Panelis dari berbagai pihak baik itu dinas terkait, kalangan pendidikan hingga komunitas.

Koordinator Assesment dan Komunikasi pada Panitia Anugerah PWI Kota Bogor, Rizky Multri Prayasa mengajak masyarakat turut berperan menentukan penerima anugerah bagi pejuang pandemi Kota Bogor.

“Saat ini semua pihak boleh menyampaikan usulan hingga tenggat waktu penutupan usulan pada 25 November 2020 mendatang. Selain turut mengisi poling yang akan kami buka di website resmi kami mulai 30 November hingga 1 Desember 2020 mendatang,” jelas Rizky.

Turut terlibat sebagai tim penjaringan calon penerima anugerah, kata Rizky, sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Bogor diantaranya Universitas Djuanda,STKIP Muhammadiyah Bogor, Institut Ummul Quro Al-Islami, Universitas Pakuan, dan Politeknik AKA.

Tim ini juga akan membantu melakukan verifikasi di lapangan dan mendokumentasikan setiap tahap yang berlangsung dalam penetapan calon penerima anugerah.

“Mereka bagian dari tim independen untuk menguatkan objektivitas proses penetapan calon penerima anugerah, termasuk melakukan verifikasi di lapangan,” pungkasnya. (**)