Kades Tidak Transparan ,Warga Desa Pabuaran Kab Bogor Pertanyakan Anggaran Jalan Lalapenta

 145 Views

photo_20161221_002904

BERIMBANG.COM, Bogor – Warga RT 01, 02, 03 RW 06 Kampung Ciherang Lame, Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor beramai-ramai melakukan swadaya pekerjaan betonisasi jalan lingkungan di Jalan Lalapenta.

Ketua RW 06, Emfe mengatakan, Pekerjaan yang dilakukan melibatkan warga RT 01, 02, 03 dengan panjang jalan 300 m, lebar 2,5 m dan ketebalan setinggi 12 cm tetapi menurut Emfe, untuk pelaksanaannya berubah menjadi panjang jalan 485 m, lebar 3m dan ketebalan diantaranya ada yang 5 cm sampai 10 cm agar pengecoran dapat dikerjakan semua tanpa ada yang tidak dicor.

" Kepala Desa Pabuaran hanya memberikan bantuan berupa molem sebanyak 90 kubik dan untuk anggarannya darimana saya tidak tahu menahu yang terpenting jalan dibeton makanya warga sangat antusias untuk mengerjakannya demi membangun kampung," ujar Emfe.

" Untuk makan dan minum pekerja saja, kami dapatkan dari warga yang membantu secara swadaya, Pemerintah Desa tidak membantu, diberikan bantuan saja kami sangat bersyukur," tambahnya.

Hal yang sama dikatakan Ketua RT 01, Asep,  betonisasi jalan lingkungan yang dikerjakan tidak mengetahui anggarannya dari mana, Kepala Desa Pabuaran juga tidak mengatakan sumber dananya.

" Kami semua warga disini benar- benar tidak dikasih tau, yang penting kami ada materil ya kita kerjakan ramai-ramai," ucap Asep.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat setempat, bpk KH Zainal Abidin, yang akrab dipanggil bpk H Iding mengatakan, Kepala Desa sebagai pejabat pemerintah seharusnya lebih terbuka kepada masyarakat mengenai dana pembangunan yang ada di desa agar masyarakat lebih paham dan mengerti pembangunan yang ada di desanya.

" Banyak warga yang menanyakan sumber dana pekerjaan betonisasi jalan lingkungan kepada saya dari mana sumbernya, wajar saja warga menanyakan, untuk itu diharapkan kepala desa untuk lebih transparan kedepannya terkait pembangunan di desa," harapnya. (Iik)

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: