Festival Kudapan Lokal Depok, Produk Unggulan Terbaik Jadi Khasnya Kota Depok

BERIMBANG.COM, Depok – Pemerintah Kota Depok menggelar pesta rakyat dengan Festival Kedupan Lokal se-Kota Depok gelaran pesta rakyat ini untuk mengangkat produk UMKM lokal Kota Depok, melalui Dinas Koprasi dan Usaha Mikro (DKUM) menggandeng International Council For Small Business ( ICBS), di halaman Balaikota, senen, (11/03/2019).

Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Kota Depok Fitriawan, mengatakan pemberdayaan dan pengembangan UMKM memang harus dilakukan oleh semua unsur terkait, yaitu Pemerintah Kota, Akademisi dan Peneliti maupun komunitas usaha yang tergabung dalam ICSB perlu adanya integritas. Kemudian masih kata Fitriawan, dalam penilaian itu sebagai kriteria merajut pada menu favorit, menu terbaik dan menu khas lokal.

“Dari hasil ini kami yakin produk unggulan Kota Depok akan menjadikan Depok punya khas tersendiri, mengingat ini baru pertama kali festival kudapan di gelar,” ungkap Fitri.

Maksud di gelarnya festival kudapan ini, menurut Fitriawan, adalah untuk mengangkat produk – produk kudapan unggulan dari berbagai jenis kaliber, sedangkan panitia mengambil peserta dari 11 Kecamatan se-kota Depok.


“Semoga produk-produk tersebut dikenal luas oleh masyarakat dan menjadi jamuan sehari-hari warga Kota Depok”,ujar Fitriawan pada media berimbang.com seusai pembukaan festival.

Dewan pembina ICSB, kota Depok H. Acep Al Azhari menuturkan, Festival kudapan Kota Depok ini menjadi kegiatan pertama International Council for Small Business (ICSB) yang didukung oleh Dewan komunitas Pengusaha Depok, Pemerintah dan masyarakat akademisi seperti Universitas Indonesia (UI), Guna Dharma.

Acep berharap kudapan lokal Kota Depok tahun 2019 ini dinilai untuk di jadikan produk unggulan Kota Depok dan secara luas akan di kenal bagi masyarakat Kota Depok dan secara umum nanti ke depan menjadi khas oleh-oleh Kota Depok.


“Kami menggandeng ICSB memiliki jaringan yang sangat luas dan diharapkan dapat meningkatkan kesempatan bagi penggiat kuliner UMKM khususnya kudapan lokal, agar tidak hanya dikenal dalam skala lokal kota Depok namun dapat bersaing secara nasional bahkan go internasional”.ujar acep

Sementara Walikota Depok M. Idris mengajak warga masyarakat Kota Depok untuk terus meningkatkan daya saing, daya beli terutama produk produk unggulan, seperti yang saat ini adanya festival kudapan yang menyajikan dan mencari bentuk ciri khas Kota Depok melalui produk UMKM. Membuat konsep ke depan membangun jaringan mulai dari kelurahan dan kecamatan sebagai awal seleksi lomba di 11 kecamatan seluruh Kota Depok, dimana nantinya akan muncul produk produk unggulan dan ciri khas Kota Depok akan mendunia.
“Kami akan kolaborasi dengan semua komponen di Kota Depok, dari 55 kudapan lokal ini segera mendapatkan produk unggulan apakah nanti seperti dodol depok atau belimbing depok dan yang kita jual juga ada batik Kota Depok,” tutur Idris dengan sangat berharap depok memiliki ciri khas tersendiri. (adi).