BKPSDM Kota Depok Berkomitmen Meningkatkan Kinerja ASN

 135 Views

BERIMBANG.COM, Depok – Pemerintah Kota Depok melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, telah melakukan penandatanganan komitmen bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) tentang pengembangan dan kinerja berbasis elektronik. Penandatanganan tersebut, sebagai upaya BKPSDM Depok untuk menerapkan Kinerja Mobile (K-MOB).

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Karier (Bangrir) BKD Provinsi Jabar, Dedi Mulyadi mengatakan, K-MOB merupakan hasil penyempurnaan dari pengembangan sistem Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Online. Dikatakannya, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2011, menjadi landasan dari proses aplikasi SKP Online yang dimodifikasi sesuai kondisi, kebutuhan, dan target kerja instansi.
“K-MOB merupakan aplikasi realtime mengukur kinerja pegawai, meliputi sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja. Dua aspek ini kemudian disinkronkan dengan data presensi (kehadiran) pegawai, data penyerapan anggaran, dan data output kinerja pegawai yang tersedia,” kata Dedi kepada wartawan, Kamis (28/02/2019).

Kepala BKPSDM Kota Depon Sopian Suri mengatakan, dalam K-MOB para Aparatur Sipil Negara (ASN) diharuskan melaporkan capaian kinerja sesuai dengan rincian tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) setiap harinya. Capaian kinerja tersebut, kemudian dikonversikan ke dalam nilai rupiah.

Jika dalam hari tertentu jelas Sopian, salah seorang ASN tidak dapat bekerja, maka tidak akan ada nilai rupiah yang didapat. Sebaliknya, semakin banyak ASN itu berkarya dan berinovasi maka akan lebih besar nilai rupiah yang akan didapat.

Supian Suri lebih lanjut menjelaskan, bila hal ini dapat merespons positif keberadaan aplikasi K-MOB untuk diterapkan di Kota Depok. Aplikasi sederhana berbasis ponsel pintar (smartphone) ini, katanya, memiliki penyempurnaan yang lebih luas.
“Ke depan, pengembangan aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg) yang kita punya, akan kita integrasikan dengan K-MOB. Mudah-mudahan nanti bisa kita terapkan,” jelas Sopian pada wartawan berimbang.com di Forum OPD BKPSDM, di Hotel Bumi Wiyata kemaren (28/02/19). (adi).