7 Perguruan Silat Ikuti Gelar Festival Pasanggiri Pencak Silat Di Cimande

 376 Views

BERIMBANG.COM, Bogor – Cimande kembali menggelar Festival Pasanggiri Pencak Silat Cimandean. Acara Festival Pencak Silat ini salah satu Bentuk upaya  melestarikan pencak silat aliran Cimandean sebagai warisan seni budaya khas Cimande yang Akan Selalu Di Lestarikan Dan Di Kembangkan untuk Setiap Generasi Muda.

Festival Pencak Silat ini digelar Sabtu -Minggu 6-7/4/18 di Padepokan Cimande, Kampung Tarikolot Rt 06-07, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor Jawa Barat ini, Kali ini diikutii oleh 7 Perguran Silat Diantaranya, Perguruan Saung Penca Pusaka Tari Kolot Cimande,Perguruan Pusaka Sinar Cimande Tanggerang,Perguruan Pusaka Hibar Karuhun  Cengkareng,Perguruan Stia Bhineka Pulogadung,Perguruan Macan Siliwangi Jakarta,Perguruan Panca Warna Cikodok,Perguruan Garuda Mas Pancawati Dan Di Hadiri Oleh Muspika wilayah setempat Dan Tokoh Seseupuh Cimande Ki Didih (53).

Ketua Pusat Pencak Silat Aliran Cimande (PPSAC), Moch. Darma Sudarma, mengatakan, pencak silat aliran Cimandean tetap terlestarikan dan banyak diminati generasi muda sebagai penerus pelestari warisan leluhur Kita.

“Festival pasanggiri Pencak Silat Cimande ini Sudah ke 4 Kalinya Dia adakan Dari 7 Perguruan silat yang Mendaftar Dan Sengaja Kali Ini Kita Batasi Pesertanya ,"ujar Moch. Darma. Sabtu, (7/4/2018) 

Pencak Silat Dari Beberapa perguruan aliran Cimande Sudah banyak tersebar di beberapa wilayah di Jabodetabek.

“Alhamdulilah ini sudah berjalan dan sudah menjadi agenda tahunan Kami, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan mencintai budayanya,” Tak Luput Ki Didih Menambahkan Terima Kasih Kepada Semua Kalangan Dan Kesemua Pihak Yang telah Mendukung dan Mensukseskan Acara Festival Penca Silat ini  dan tak lupa Mengucapkan Mohon Maaf jika ada Kekura nganya Ucapnya (wawan)