Published On: Tue, Jun 12th, 2018

Bukber Panwaslu Kabupaten Bogor Mengundang Nara Sumber JPPR

Share This
Tags

BERIMBANG.COM, Bogor – Gelar buka bersama dengan tema Sosialisasi Pengawasan Partisitatif bagi insan pers, Panitia Pengawas Pemilu kabupaten Bogor, dibarengi dengan berbuka puasa bersama para jurnalis. 

Ketua Panwaslu kabupaten Bogor Ridwan Arifin, mengajak media masa berpartisipasi dalam menyebarkan gelar pemilihan bupati yang digelar 27 juni 2018 mendatang. 

"Kami menyadari kekurangan sumber daya manusia, hanya 17 orang dengan jumlah 40 kecamatan dikabupaten Bogor," ujarnya, dihotel M-One  12/6/2018  

"cerdaslah dalam memilih, Sebelum melangkap ke TPPS ya sholat dulu lah bagi yang beragama Islam, tanpa ada paksaan orang lain, " pungkas Ridwan. 

Dalam acara tersebut, Panwaslu mengundang nara sumber dari Peneliti Senior Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Yusfitriadi, memaparkan peserta pemilu yang menjadi stakeholder.   

Dibutuhkan sinergitas antara 1. Pemilih, 2. KPU, BAWASLU dan DKPP, 3. media masa, pemantau dan pemgamat, 4. DPR 5. Pemerintah 6. Penegak Hukum, 7 institusi khusus, 

Lanjut Yusfitriadi membandingkan uniknya pemilihan di Indonesia dengan pemilihan di luar negeri tidak ada pengawas, hanya di Indonesia yang ada pengawas, sebab bentuk ketidak percayaan masyarakat, 

Lalu, "Pragmatisme pemilih sudah menjadi budaya, kecerdasan pemilih masih jauh dari harapan," pungkas Yusfitriadi. (TYr)

About the Author