Walikota Depok Himbau Masyarakat Ganti Penggunaan Kantong Plastik

BERIMBANG.COM, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengimbau masyarakat Kota Depok untuk mengganti kantong plastik dengan kantong yang ramah lingkungan. Penggunaan kantong alternatif tersebut, dilakukan untuk mengurangi pemakaian kantong plastik yang limbahnya sulit diurai.

“Penggunaan kantong alternatif seperti tas anyaman dan tote bag bisa jadi solusi. Selain itu, tas tersebut juga lebih efisien, karena ramah lingkungan dan bisa digunakan berkali kali,” ujar Mohammad Idris, di Balai Kota, Senin (04/03/19).

Orang nomor satu di Kota Depok tersebut juga menambahkan, setelah adanya deklarasi pengurangan plastik, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan retail modern, diminta untuk mempersiapkan tas alternatif.

“Pelaku usaha bisa sediakan kantong yang ramah lingkungan. Kalaupun berbayar, tidak jadi masalah, karena itu untuk mengganti biaya produksi. Yang penting jangan mahal-mahal,” tambahnya.

Diakuinya, kantong ramah lingkungan tidak jauh berbeda dengan kantong plastik pada umumnya. Namun, plastik ramah lingkungan sebaiknya tidak digunakan untuk barang basah, karena bisa merusak kualitas wadah yang tidak tahan air.

“Kami meminta masyarakat agar bisa melakukan diet plastik secara serentak. Demi lingkungan yang lebih baik,” pungkasnya.