Lurah Cinangka Resmikan Bank Sampah, Ajak Warga Peduli Lingkungan

BERIMBANG.COM, Sawangan – Untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah sampah dan bebas dari tumpukan sampah, maka perlu adanya sosialisasi program Pilah Sampah dengan harapan di Kelurahan Cinangka menjadi wilayah yang bersih sehat dan nyaman.

“Kami sangat apresiasi terhadap inisiator Ketua RW 02 dengan di canangkan di area Puskesmas Kelurahan Cinangka. Kamis, 03/02/19. Pembentukan Bank Sampah induk kelurahan Cinangka ini sebagai langkah awal memanfaatkan sampah menjadi nilai ekonomi bagi warga kami,” kata Lurah Cinangka Rizal Farhan pada wartawan berimbang.com di ruang kerjanya. (3/03/19).

Rizal mengatakan gerakan budaya pemilahan sampah tidaklah mudah, sebagai aplikasi bentuk kerja nyata dalam menjalankan program Pe
merintah Kota Depok yang salah salah satunya Zero Waste City, untuk melestarikan lingkungan dan kebersihan lingkungan bebas dari sampah.

“Kami akan terus mensosialisasikan dan mengajak warga kelurahan Cinangka, agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama pemilahan sampah an organik dan organik, untuk di daur ulang di RT, RW dan warga yang ingin sampah menjadi nilai ekonomi yang tinggi,” kata Rizal.

Koordinator Bank Sampah Agus Asrul Sani mengungkapkan, dalam pelayanan sampah bagi warga di sediakan bak pengangkut sampah. Hal ini akan mempernudah warga untuk langsung menerima pembayaran di tempat.

“Kami sudah siapkan armadanya jadi warga yang memilah sampahnya langsung kami ambil dan di bayar dengan tunai hasil penimbangan, jadi warga dapat merasakan hasilnya secara ekonomi,” ungkap Agus.

Sementara Kasie Pemerintahan Kecamatan Sawangan Hendra, memberikan apresiasi dan mendukung dengan di bentuknya Bank Sampah Kelurahan Cinangka, sebab masalah sampah perlu ada akses kemudahan bagi warga.

“Kami sangat mengapresiasi gerakan memilah sampah, ini bisa jadi percontohan di kecamatan Sawangan, untuk itu kami mengajak masyarakat lebih peduli lingkungan serta memilah sampah yang bernilai ekonomis,” tutur Hendra.

Hadir dalam acara peresmian bank sampah dari unsur Muspika, para ketua RT, RW Kelurahan Cinangka, LPM, BKM, KTNA Kelurahan Cinangka, Karang Taruna dan Kader PKK Pokja IV, perwakilan unit Bank Sampah se-Kecamatan Sawangan dan kasi Pemerintahan Kecamatan Sawangan.(Adi).