Untuk Kepentingan Umum Yang Lebih Besar, PDAM Respon Keluhan Masyarakat

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 202 Views

BERIMBANG.COM, Depok – Keluhan Masyarakat dengan adanya galian pipa PDAM ditanggapi dengan cepat oleh Pihak PDAM Depok, menurutnya itu merupakan masukan yang baik dari pengguna jalan kaki maupun pengguna kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Margonda Raya.

Manajer Pemasaran Pipa PDAM Tirta Asasta Depok, Imas Diah Pitaloka membenarkan, bahwa adanya proyek galian PDAM yang sedang dikerjakan. Proyek galian pemasangan pipa air PDAM Depok kali ini cukup besar yang akan dikerjakan mulai dari Jalan Kartini hingga sepanjang Jalan Margonda sampai fly over UI. Pekerjaan proyek senilai Rp 11 miliar itu diperkirakan akan memakan waktu enam bulan lamanya.

“Ya betul kami sedang ada proyek cukup besar yakni revitalisasi pemasangan pipa air di dua jalan utama yakni di Jalan Kartini dan Jalan Margonda sepanjang 7,7 kilometer,” ujar Imas.

Menurutnya, bahwa jenis pipa air yang dipasang yakni pipa jenis HDPE dengan berdiameter 500 mm, 300 mm dan 200 mm di sepanjang Jalan Kartini dan Jalan Margonda. Selain itu, pengerjaan tersebut diperkirakan akan memakan waktu selama enam bulan.

“Namun, kami akui sudah banyak menerima keluhan masyarakat. Jadi, kami mohon maaf dan pengertian ke masyarakat dan para pengguna jalan. Kegiatan ini untuk kepentingan umum yang lebih besar,” tutur Imas.

Imas juga memaparkan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Polres Depok, Dinas Perhubungan (Dishub) Depok.
“Kami berkoordinasi dengan instansi terkait untuk minimal dapat mengurangi gangguan lalulintas, kemacetan. Ini bentuk pemahaman dan respon kami atas keluhan masyarakat. Kami juga mengerahkan 40 personil untuk mengawasi pelaksanaan proyek pemasangan pipa air tersebut,” paparnya.

Dia menambahkan, bahwa pada tahun ini, pihaknya juga akan melakukan pemasangan pipa jaringan distribusi utama (JDU) di beberapa wilayah di Kota Depok, diantaranya di Jalan Raya Tanah Baru dan Jalan Curug Agung sepanjang enam kilometer serta dari Jalan Nangka ke Jalan Raya Akses UI sepanjang 4,5 kilometer.

“Proyek ini untuk memkasimalkan pelayanan ke masyarakat dalam pengunaan air PDAM dan berharap masyarakat beralih tidak menggunakan air tanah lagi. Kami targetkan hingga 2022 bertambah 100 ribu pelanggan di seluruh Kota Depok. Saat ini baru 65 ribu pelanggan air PDAM.

“Untuk 2019, target pemasangan sebanyak 7.500 pelanggan dengan perolehan laba sekitar Rp 28 miliar sedangkan saat ini baru Rp 16 miliar dari target Rp 21 miliar. Jadi, untuk mencapai target kami terus berupaya membangun jaringan pipa di 11 kecamatan di Kota Depok,” pungkas Imas.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, pihaknya sejak awal sudah meminta pekerjaan pemasangan jaringan pipa air bersih PDAM harus mengikuti aturan dan menjaga kenyamanan pemakai kendaraan seperti tanah galian tidak boleh berceceran ke badan jalan, dan selesai dipasang lubang galian langsung ditutup.

“Maka dari itu, sejak awal sudah diingatkan agar menjaga kenyamanan dan kebersihan di lokasi proyek pekerjaan,” ucap orang nomor dua di Kota Depok.( red).