SMPN 1 Caringin Gelar Workshop Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

 192 Views

BERIMBANG.COM, Bogor – SMPN Negeri 1 Caringin menyelenggarakan Workshop dengan tema meningkatkan kopetensi guru dalam mendesain media pembelajaran berbasis Power Point. Penyelenggaraan Workshop dilaksanakan pada hari senin sampai selasa tanggal 15 dan 16 April 2019, dengan Nara Sumber dari Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Rizki Sandra, S.Pd.,M.Pd,  Kepala Sekolah Smpn 1 Caringin, Yusuf, S.Pd.,MM dan Pengelola Lab.Kom Smpn 1 Caringin, Rian Saryanto, S.Kom,.M.Hum

Kepala Sekolah Smpn 1 Caringin, Yusuf, S.Pd, mengatakan, Diselenggarakannya Workshop pertama ingin membekali guru supaya trampil dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Power Point. power Point ini mudah di aplikasikan termasuk aplikasi yang sederhana yang banyak manfaatnya untuk media pembelajaran baik untuk menampilkan alat peraga dan menganimasi supaya pembelajaran ini mengacu kepada Paikem. Paikem adalah Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan.

“Jadi guru dilatih untuk memberikan pembelajaran yang Paikem, dan pada ujungnya guru itu bisa meningkatkan kualitas dalam rangka menyongsong menjadi guru yang Propesional, maka kita bekali guru dalam menyusun media pembelajaran sehingga memunculkan pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan,” Ungakap Yusuf, kepada Berimbang.com saat ditemui di ruangannya, Senin (15/4/19)

Yusuf menjelaskan, Disekolah ini Guru yang dibekali dengan berbasis Ite harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan. Guru jaman sekarang ini harus memahami tentang Revolusi Industri (four point zero),  Metode pembelajaran Stem, Stem adalah Suatu basis kurikulum yang idenya adalah mendidik Peserta didik dalam  4 (empat) disiplin ilmu. sains, teknologi, engineering, dan matematika secara pendekatan interdisipliner, menyajikan paradigma pembelajaran yang kohesif dengan basis aplikasi pada dunia nyata atau Alam.

“Guru juga harus mempunyai agen perubahan  karena jaman sekarang dan jaman dulu berbeda jadi guru harus pandai menyesuaikan, ini merupakan tantangan guru jaman sekarang, guru harus smart, guru harus kreatif, guru harus punya inovasi supaya pembelajaran lebih maksimal,” jelasnya.

Program ini merupakan Program dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor yang harus di terapkan di semua sekolah dalam rangka memajukan Bogor. Bogor Cerdas, Bogor Beradab, dan Bogor Maju.

“Program ini salah satu yang  mengacu pada visi misi Bupati Bogor sekarang, sebagai warga bogor kita harus dukung program-programnya, dari mulai pendidikan, kesehatan dan lain-lainnya,” ucapnya.

(Na/Wan)