Saluran Air Tersumbat Sampah, Luapan Air Picu Bencana

 60 Views

IMG-20160310-WA0002

BERIMBANG.COM, Bogor – Penyebab utama luapan air yang menjadi pemicu terjadinya longsor di Kampung Ranji, Desa Teluk Pinang, Kecamatan Ciawi, Rabu (9/3/16) sore, diketahui berasal dari gorong – gorong saluran air yang tersumbat. Hal tersebut dikatakan Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo, saat monitoring ke lokasi bencana, Kamis (11/3/16).

“Ya, kuat dugaan kami jika pemicu bencana ini berasal dari luapan air dari saluran yang tersumbat sampah”, ujar Kasi Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo.

Saat Satuan Tugas (Satgas) BPBD Kabupaten Bogor menyisir gorong – saluran air, ditemukan berbagai jenis material sampah yang sebagian besar berasal dari sampah rumahan. Sampah tersebut memadati saluran air, sehingga saat turun hujan aliran air tersumbat dan akhirnya meluap.

Mendapati kondisi ini, petugas gabungan melakukan pembersihan saluran air yang tersumbat. Bagian demi bagian material sampah itu dikeluarkan dari saluran air,  agar bencana serupa tidak kembali terjadi.

Seperti diberitakan sebelumnya,  Rabu (9/3/16) sekitar pukul 16.30 waktu setempat, saat hujan turun deras, 6 unit rumah warga di Kampung Ranji RT 1 RW 7, dihantam longsoran tanah. Kontur tanah yang labil memicu bencana terjadi saat aliran air dalam saluran yang tersumbat meluap. Meski tidak menelan korban jiwa, namun bencana ini menimbulkan kerugian hingga Ratusan Juta Rupiah. (Raden Supriyadi)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: