Plt Camat Cigombong, Asep Achadiat Sudrajat Sebagai Pembina Pada Apel HUT Pramuka

BERIMBANG.COM, Bogor – Plt Camat Cigombong, Asep Achadiat Sudrajat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Pramuka Kecamatan Cigombong, sekaligus sebagai Pembina Apel HUT Pramuka Kecamatan Cigombong mengatakan, tema Hari Pramuka yang menunjukkan kepedulian terhadap penanganan COVID-19 merupakan perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat wabah tersebut.

“Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana COVID-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia, juga di seluruh dunia,” ungkapnya jumat (14/8/20)

Pernyataan tersebut disampaikan Asep setelah mengikuti apel peringatan Hari Pramuka di Halaman Kantor Kecamatan Cigombong. Menurutnya wabah COVID-19 masih mendera, jumlah peserta upacara hanya dibatasi 40 orang dewasa dan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Asep, Dirinya berharap HUT Pramuka tahun ini bagi Kecamatan Cigombong menjadi momentum kebangkitan Gerakan Pramuka untuk menghantarkan Kwarran Cigombong menjadi Kwarran Tergiat di Kabupaten Bogor.

“Tema Hari Pramuka 2020 adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara,” ujarnya.

Disamping itu, juga diamanatkan kepada para pengurus Kwarran untuk tetap semangat untuk memandu anggota pramuka, fokus berupaya melaksanakan pendidikan karakter untuk menumbuhkan peserta didik  yang berkepribadian, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Selain itu disampaikan pula, bahwa para peserta didik Pramuka yang meliputi Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega dan anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam melakukan setiap kegiatan  wajib menerapkan protokol kesehatan yang dibutuhkan untuk mencegah penularan Covid-19,” ucapnya

Dalam apel tersebut, Asep menyampaikan, pukul 14.00 dalam rangkaian HUT Gerakan Pramuka ada kegiatan Zoom Meeting bersama Bupati Bogor selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) dan Ketua Kwarcab. Juga hari ini ada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi  pejabat eselon 3 dan 4 di Pemkab Bogor. Insha Alloh, hari ini Cigombong akan punya Kamabiran baru, semoga dengan hadirnya Camat definitif, yang secara otomatis sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) menjadi motivasi bagi jajaran Gerakan Pramuka Kwarran dan Gugus Depan untuk bekerja keras agar mimpi menjadi Kwarran tergiat tercapai.

(Na/Yosef)