Bogor

Penyuluhan Koperasi Kijang Kenncana Oleh Tim Kelembagaan Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bogor

Spread the love

BERIMBANG.COM, Bogor – Tim Kelembagaan Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bogor melaksanakan penyuluhan dan pembentukan Koperasi Kijang Kenncana di Aula Kantor Desa Srogol, Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor.

Hadir dalam acara Penyuluhan tersebut, Tim Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor,Penggagas Koperasi Kijang Kenncana, Kepala Desa Srogol, Babinsa Babinmas Desa Srogol, BPD, LPM, RT, RW, serta Masyarakat Desa Srogol, senin (12/6/2023)

Atep. S. Sumaryo, Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bogor mengatakan, Berdasarkan Undangan dari para penggagas Koperasi Kijang Kenncana di adakannya penyuluhan tersebut

Dalam kegiatan tersebut pihaknya sangat menyambut baik apa yang menjadi pemikiran para inisiator yang memberikan kesejahteraan kususnya kepada para anggota koperasi umumnya masyarakat Kabupaten Bogor.

“Tujuan penyuluhan ini untuk membarikan pengetahuan kepada para inisiator koperasi sehingga dalam menjalankan usaha koperasi minimal tidak keluar dari apa yang sudah disepakati dalam anggaran dasar anggaran rumah tangga dari koperasi tersebut” Ungkapnya.

Sementara itu, Azhar penggagas Koperasi Kijang Kenncana menyampaikan, Koperasai ini utamanya untuk pemberdayaan ekonomi, adapun ekonomi tersebut tidak menckup hanya perdagangan saja tapi berikut jasa.

“Untuk kegiatan hari ini penyuluhan koperasi. Yaitu edukasi, karena umumnya masyarakat menilai koperasi itu adalah simpan pinjam akan tetapi di kujang kencana bukan Koperasi simpan pinjam, ucapnya.

Azhar menerangkan, Adapun sumber anggaran yang kita dapat  pertama yang pertama dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari para pengusaha yang kedua dari tabungan wajib anggota Koperasi yang digabungkan dengan CSR dari perusahaan Рperusahaan.

“Jadi ketika para anggota koperasi atau masyarakat ingin pinjam ke parbankan melalui Koperasi Kijang Kenncana dengan proses mudah, dalam arti kata tetap harus mengikuti SOP Perbankan dan adapun plusnya bila melalui koperasi Kijang Kenncana untuk anggota koperasi angsurannya akan dibayarkan oleh koperasi,” terangnya.

Kepala Desa (Kades) Srogol, Asep Irwan Kuswara sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan tersebut. Karena ini suatu edukasi bentuk penyuluhan buat masyarakat terkait koperasi simpan pinjam.
“Tapi kususnya koperasi Kijang Kenncana ini polanya bukan simpan pinjam tapi mengedukasi tatacara simpan pinjam dan tata cara pinjeman ke Perbankan,” ucapnya.

(Na)

Tinggalkan Balasan