Categories: BogorJabodetabek

Pemda Tutup Mata, Galian Liar di Cijeruk dan Cigombong Makin Menjamur

BERIMBANG.COM, Bogor – Aparat penegak Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor dituntut bertindak tegas terhadap keberadaan galian C di wilayah Cijeruk dan Cigombong. Pasalnya, aktivitas para pelaku ekplorasi alam secara liar tersebut semakin merajalela, tanpa memperhitungkan dampak yang ditimbulkannya, bahkan terhadap keselamatan jiwa sekalipun.

Sudah bukan rahasia umum lagi, di wilayah Kecamatan Cijeruk dan Cigombong, banyak dijumpai lokasi tambang liar dari berbagai jenis bahan material alam seperti batu, pasir dan teras (cadas, sunda – red) yang dieksplorasi dengan cara tradisional oleh para oknum pengusaha nakal. Para pelaku usaha tersebut mengatasnamakan kepentingan hajat hidup masyarakat, demi keuntungan pribadinya. Rimbunnya hutan di perbukitan Gunung Salak pun akhirnya makin terkikis dan alamnya pun porak poranda.

“Usaha yang kami lakukan ini bukan untuk mencari keuntungan pribadi, tapi demi mensejahterakan warga setempat yang selama ini penghasilan pokok dan keahliannya hanya menambang”, kilah salah salah satu pengusaha tambang batu di kawasan Cigombong yang enggan menyebutkan namanya itu kepada berimbang.com, beberapa waktu lalu.

Sudah tidak terhitung lagi jumlah korban yang jatuh akibat pola penambangan yang dilakukan tanpa aturan di kawasan itu. Korban terakhir jatuh saat galian C milik Haji Damiri di Kampung Panyarang RT 1 RW 7, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, longsor pada Jum’at (15/1/16) lalu, dan menewaskan pekerjanya yang bernama Uyeh (47) warga Kampung Panyarang RT 3 RW 7 Desa Ciburayut. Namun,  seperti kejadian – kejadian sebelumnya, peristiwa inipun ditutupi dari perhatian publik.

Sungguh ironis, keadaan ekonomi para penambang dengan para pemilik galian sangat berbanding terbalik. Si penambang yang telah menggeluti profesinya selama bertahun – tahun hidup dalam segala keterbatasannya. Penghasilannya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari – harinya.  “Pekerjaan ini sudah saya lakukan hampir lima belas tahun.  Hasilnya cukup buat makan sehari – hari keluarga saya”, tutur seorang penambang, warga Panyarang, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong.

Sementara itu, Kepala Unit (Kanit) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kecamatan Cigombong, Somantri, saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa seluruh lokasi galian C di Cigombong itu tidak memiliki ijin alias bodong. Karena berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bogor, wilayah Gunung Salak merupakan kawasan resapan air.

“Tidak satupun dari sembilan lokasi galian C di Cigombong yang memiliki ijin,  karena kawasan itu merupakan daerah resapan air.  Saya nyatakan galian C di Cigombong berstatus liar alias bodong”, kata Kanit Pol PP Cigombong.

Somantri juga mengatakan,  jika terjadi sesuatu di lokasi galian C pihaknya tidak akan ikut campur. “Kalo terjadi sesuatu di lokasi galian seperti kejadian di galian milik Haji Damiri, kami tidak mau tau dan tidak akan ikut campur.  Karena selama ini kami sudah melakukan pelarangan dan sosialisasi melalui pemerintah desa”, Tegasnya.

Menanggapi isu adanya “koordinasi” yang selama ini terjalin antara para pengusaha galian C dengan aparat setempat, menurut Somantri hal itu mungkin saja terjadi dibatas pemberitahuan saja. Namun demikian,  menurutnya hal itu tidak mengurangi kenyataannya bahwa galian C tersebut tetap ilegal. (Raden Supriyadi/Yosef Bonang)

Recent Posts

Pemkot Depok Dapat Penghargaan Tertinggi Kota Sehat 2019 Swasti Saba Wistara

BERIMBANG.COM, Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok baru saja menerima penghargaan tertinggi kota sehat 2019, Swasti Saba Wistara. Penghargaan tersebut… Read More

10 jam ago

Koramil 2123 Cijeruk Laksanakan Giat Penghijauan Program Kerja Kodim 0621 Kab Bogor Tentang Binter Terpadu 2019

BERIMBANG.COM, Bogor -  Koramil 2123 Cijeruk - Cigombong melaksanakan giat Penghijauan di kawasan Danau Lido, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong,… Read More

12 jam ago

PKL di Warjak, Dinas UMKM Menunggu Design Dari PUPR Kota Bogor

BERIMBANG.com Bogor - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bogor, Anas S Rasmana, menanggapi soal pedagang mikro/Pedagang… Read More

14 jam ago

Bupati Bogor Bersama Dandim 0621 Kab. Bogor Tinjau Monumen Tugu Pertempuran Maseng

BERIMBANG.COM, Bogor - Usai melaksanakan Boling di Kecamatan Cijeruk, Bupati Bogor, Hj. Ade Yasin bersama Komandan Kodim (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor,… Read More

1 hari ago

Laskar Dewa Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan Dihadiri Bupati Bogor Serta Muspika

BERIMBANG.COM, Bogor - Ormas Laskar Demokrasi Warga (Laskar Dewa) menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW, acara tersebut juga sekaligus… Read More

2 hari ago

Wilson Lalengke: Polisi Lebih Peduli Anjing dari Manusia

BERIMBANG.com Jakarta - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia, Wilson Lalengke merasa prihatin dan menyesalkan pola kerja sebagian aparat polisi… Read More

2 hari ago