Manfaatkan Lahan Kosong, Kalapas Cibinong Bersama Warga Binaan Panen

 36 Views

BERIMBAMG.com Bogor – Pemberdayaan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cibinong, Kabupaten Bogor, tergolong sukses dengan pembinaan pelatihan budidaya tanaman.

Menjadi tepat peribahasa “Siapa yang menanam, ia yang menuai,” bagi warga binaan, dalam konteks memanfaatkan lahan kosong dilingkungan Lapas.

Hal itu dikatakan Kepala Lapas Cibinong Adrian Nova Christiawan, di area Lapas Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa kemarin, (17/03/2020).

“Warga binaan Lapas itu merupakan peserta pelatihan pertanian dan pupuk organik yang dikelola oleh unit Giatja Lapas Cibinong,” kata Adrian.

Area yang sebelumnya tak terurus dengan baik itu cukup luas, kata dia, inilah yang dimanfaatkan warga binaan dan unit Giatja untuk kegiatan kerja dan pelatihan.

“Dilahan dinding area terluar yang mengelilingi Lapas itu dibudidayakan tanam dengan jenis pohon cabai,” ujarnya.

Kalapas bersama jajaran, serta para warga binaan memanen cabai di lahan Brandgang. dalam panen menghasilkan 10-15 Kilo Gram Cabai Hijau.

kata Adrian, kegiatan panen tersebut merupakan hasil pembinaan yang dapat bermanfaat bagi warga binaan.

Harapannya, “Setelah bebas dari Lapas, warga binaan dapat kembali kepada masyarakat dengan bekal yang cukup,” katanya.

“Setidaknya kemampuan dalam bercocok tanam serta pupuk organik dapat menjadi sumber kehidupan oleh warga binaan,” pungkas Adrian Nova Christiawan.

(Humas L’Cibi/TYr)

%d blogger menyukai ini: