Lomba UKS Merubah Paradigma Sekolah Agar Menjadi Lebih Baik

Spread the love

IMG-20160404-WA0002

BERIMBANG.COM, BOGOR – Implementasi program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ┬ámerupakan tanggung jawab bersama yang memerlukan peran serta aktif dari semua pihak. Hal itu dikatakan Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Bersih Tingkat Kabupaten saat meninjau Sekolah Dasar Negeri Cisalada 1 di Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong, Senin (4/4/16).

Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Bersih Syarief Hidayat mengatakan, perlomba ini rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Maret dan April se Kabupaten Bogor, mulai dari Taman Kanak – kanak hingga sekolah menengah. Sarief menjelaskan, banyak kriteria yang dinilai dalam perlombaan. Diantaranya, bidang kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah. “Kriteria penilaiannya banyak sekali, yang jelas bagaimana meningkatkan grafik kesehatan masyarakat di sekolah melalui pola hidup bersih dan sehat”, katanya.

Sarief menambahkan, sasaran utama dari kegiatan ini adalah pembinaan sekolah dalam melaksanakan Trias UKS, yakni Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Lingkungan Sekolah Bersih dan Sehat.

Masih di lokasi yang sama, Kepala SD Negeri Cisalada 1 Tatang Sobandi, mengaku puas dengan semua hal yang ditampilkan dalam perlombaan. ┬áKarena, semua berasal dari dan oleh warga sekolah. “Kami sangat bangga, karena apa yang kani miliki saat ini di sekolah merupakan hasil swadaya murni dari warga sekolah, meskipun harus kami akui masih serba seadanya”, ujar Tatang, kepada awak media.

Sementara itu, Kepala Upt 38 Cigombong Zainudin mengatakan, perlombaan ini bukan hanya sebagai momen untuk mengejar kemenangan saja, akan tetapi lebih kepada merubah paradigma sekolah agar menjadi lebih baik dan berpola hidup bersih dan sehat. “Sekolah yang mengikuti perlombaan harus menjadi contoh bagi sekolah lain khususnya dibidang kesehatan dengan menerapkan PHBS. Program UKS juga harus berjalan di setiap sekolah”, tandasnya. (Raden)

Tinggalkan Balasan