Kesbangpol Kabupaten OKU Gelar Pembinaan & Pengendalian Ormas dan LSM

 81 Views

BERIMBANG.com OKU – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan, menggelar giat rutin dalam pembinaan serta pengendalian Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se OKU.

Dalam rangka demi terciptanya Suasana Yang kondusif didalam masyarakat dan kepemerintahan di Kabupaten OKU, serta menghilangkan image negatif (Pandangan Negatif) tentang Ormas dan LSM,

Gelar acara di kantor Kesbangpol Oku, yang dihadiri oleh Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Oku, Dandim 0403 Oku, Kejari Oku, Dit. Intel Polda Sumsel serta seluruh Ormas dan LSM se Kabupaten Oku. Selasa (25/02/2020)

Kaban kesbangpol, Taufik Zubir SH., MM. dalam sambutan nya mengatakan,”untuk Ormas dan LSM  yang belum terdaftar atau yang masa jabatannya akan habis untuk segera mendaftarkan kembali lembaga atau Organisasi nya ke kesbangpol Oku,”

“Agar peran serta nya dapat bersinergi untuk pembangunan dan kemajuan bangsa,” kata Taufik

Sementara, Dandim 0403  Letkol Arh.Tan Kurniawan menyampaikan kepada seluruh tamu undangan dengan kegiatan ini peran Ormas dan LSM harus lebih aktif lagi ke depan nya, guna meningkatkan perannya turut mendukung dan berpatisipasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Berbekal Pengetahuan dan Pemahaman guna memantapkan Semangat persaudaraan dan kesatuan bangsa. Dan Perlu adanya keharmonisan antara pemerintah,Ormas dan LSM,dalam menjaga stabilitas Politik dan Sosial.

“Peran Ormas dan LSM sebagai penengah sangatlah penting guna meminimalisir potensi konflik sosial,” kata Letkol Arh.Tan Kurniawan.

Dandim menjelaskan, salah satu peran ormas dan LSM yang sangat strategis yaitu sebagai penopang pembangunan di Indonesia karena Ormas dan LSM merupakan perwujudan dari masyarakat sipil yang berfungsi menjembatani, memperjuangkan dan membela kepentingan Rakyat.

Demi mantapnya stabilitas nasional dan terlaksana pembangunan nasional sekaligus sebagai upaya penciptaan suasana yang aman, tentram, tertib, damai dan sejahtera, diperlukan upaya pengelolaan kemajemukan secara komprensif yang melibatkan partisipasi seluruh komponen Bangsa.

Ormas dan LSM merupakan mitra kerja Pemerintah dalam mewujudkan cita-cita bersama yang tujuan utamanya adalah ketentraman masyarakat dan ketertiban bangsa, ditengah-tengah masyarakat.

Ormas, OKP dan LSM diharapkan dapat menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat berbangsa dan bernegara dengan berorientasi pada pencapaian tujuan pembangunan nasional.

Untuk mencapai hal tersebut tiga pilar harus dipenuhi yaitu Masyarakat, Pemerintah, Dunia usaha/swasta dan tokoh-tokoh perorangan, semua pilar tersebut bukan saling melemahkan melainkan saling bersinergi dan memperkuat dengan peran dan kedudukannya masing-masing.

“Terus menjalin komunikasi kemasyarakatan dalam rangka mencari solusi atas persoalan pembangunan yang ada,” terang Dandim.

Penulis: Fahryus medi
Editor: Tengku Yusrizal

%d blogger menyukai ini: