Karang Taruna Cariu Dukung DPC PWRI Bogor Raya Tanam Sejuta Pohon

 183 Views

BERIMBANG.com Bogor – Bencana alam, diantaranya banjir  mengakibatkan banyak korban masyarakat yang terdampak, salah satu penyebab berkurangnya pohon dalam menampung serapan air.

Prihatin dengan hal itu, Dewan Pengurus Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI), bekerjasama dengan Karang Taruna Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, akan merealisasikan menanam pohon,

Gelar yang akan dilaksanankan pada 27 dan 28 Maret 2020 nanti, bertitik pusat di kecamatan Cariu, satu diantaranya di Green Cayon nya Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ketua DPC.PWRI.Bogor, Rohmat Selamat.SH.M.Kn, menyampaikan maksud dan tujuan tanam pohon itu atas dasar kepedulian antar sesama umat,

“Tanggung jawab kita bersama dalam melindungi hutan dan segala habitat seperti flora dan fauna yang ada di hutan,” kata Rohmat, saat pelantikan anggota Kadin, di Cibinong, kamis 12 maret 2020.

Lanjut Rohmat, untuk tahap pertama, Sepuluh Ribu bibit pohon dari berbagai jenis akan ditanam di lokasi Green Cayon Cariu.

Ia memberikan contoh kerusakan hutan sudah banyak terjadi oleh banyak oknum yang tidak bertanggung jawab, membuat kehancuran yang menyebabkan bencana alam berupa tanah longsor dan banjir.

Keprihatinan itu dtuangkan dalam realisasi gerak nyata untuk meminimalisir khususnya penyebab banjir dengan melakukan reboisasi tanam satu juta bibit pohon.

Diantara pohon yang akan ditanam diantaranya; Akasia, Lamtorogung, Sengon, Duren, Sirsak, Mangga, Nangka, Salam, Jeruk dan berbagai macam pohon lainnya.

Dalam kegiatan positif ini Rohmat berharap mendapat dukungan penuh dari unsur pemerintah daerah kabupaten Bogor serta Stakeholder yang ada,

“Demi lestari nya alam yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita kelak,” katanya.

Sementara, Muhamad Khadir selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Cariu bersama masyarakat Cariu memberi dukungan dengan menyiapkan lahan penanaman didaerahnya.

Sebagai warga ia miris, “Debit air yang sangat memprihatinkan (semakin berkurang), (sebab) Laju penanaman dengan penebangan tidak seimbang,” kata dia

“Alhamdulilah dengan perhatian dari masyarakat yang perduli, khususnya PWRI, yang akan menyelenggarakan tanam pohon didaerah kami,” katanya.

“Semoga kegiatan ini bisa membawa hasil positif dapat menumbuhkan rasa cinta dan perduli kepada lingkungan. Serta bisa bermanfaat bagi umat manusia, demi kelangsungan ekosistem alam,” katanya.

Ia mengucapkan terimakasih atas sinerginya, semoga dengan program taman pohon ini bisa secara simultan di lakukan dengan berkesinambungan.

(TYr)