Jaringan Offline, Disdukcapil Uji Layanan Jemput Bola

 109 Views

IMG_20151106_125508

BERIMBANG.COM, Bogor – Menyusul pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara jemput bola yang dilaksanakan di desa Pancawati kecamatan Caringin, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Bogor kembali melaksanakan kegiatan yang sama di desa Cigombong, kecamatan Cigombong, kamis (5/11). Dalam kegiatan ini, Petugas Disdukcapil memberikan pelayanan pembuatan ktp, kk dan akta kelahiran.

Menurut kepala desa Pancawati H Iqbal Djayadi, uji coba pelayanan jemput bola yang digelar Disdukcapil sangat membantu warganya. Terlebih, saat jaringan dalam sistem internet pelayanan catatan kependudukan di kecamatan Caringin dan sekitarnya saat ini mengalami gangguan (offline).

“Berdasarkan data kami, 50 persen warga Pancawati belum memiliki akta kelahiran. Sehingga, Program Disdukcapil ini sangat memancing animo masyarakat, terlebih proses dalam pelayanannya cepat dan tidak dipungut biaya “, ungkap kades kepada berimbang.com, saat ditemui di sela kegiatan, beberapa waktu lalu.

Seperti halnya di desa Pancawati, pelayanan jemput bola yang dilaksanakan di desa Cigombong diserbu warga. Warga rela antri selama berjam jam demi mendapatkan pelayanan kependudukan dan catatan sipil. Warga berharap, kegiatan tersebut tidak hanya untuk uji coba saja, namun bisa terus menjadi agenda rutin pemerintah daerah.

“Kami berharap kepada pemerintah daerah agar menetapkan kegiatan ini menjadi program rutin. Agar kebutuhan masyarakat akan pelayanan kependudukan dan catatan sipil dapat terakomodir”, ujar Rizky, warga desa Cigombong kepada berimbang.com saat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di area kantor desa Cigombong.

Berdasarkan pantauan berimbang.com, selama beberapa pekan terakhir pelayanan kependudukan di wilayah kecamatan cigombong lumpuh, akibat jaringan internet dalam program ini offline. Akibatnya, warga yang membutuhkan pelayanan jadi telantar.  (Nana Suryana)

Tinggalkan Balasan