Bukan Budaya Depok, Festival Perahu Naga Menuai Kritik Warga Depok

 104 Views

Kegiatan Festival Perahu Naga Di Situ Rawa Besar Lio ( Foto : Iik)
Kegiatan Festival Perahu Naga Di Situ Rawa Besar Lio ( Foto : Iik)

BERIMBANG.COM, Depok-Festival Perahu Naga di setu rawa besar Lio,  Kecamatan Beji menuai kritik dari kalangan masyarakat Depok, pasalnya acara tersebut bukan ciri khas kebudayaan Depok karena nama kegiatannya menampilkan budaya yang biasa di selenggarakan oleh Kota Tangerang dan juga merupakan kebudayaan etnis cina. Sabtu (19/11/2016)

Salah satu warga Kecamatan Beji menuturkan, Hamid (50), kebudayaan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Depok bukan asli kotanya sendiri, kebudayaan yang ditampilkan  dari luar kebudayaan Depok, Hamid juga menyampaikan sebagian warga Depok banyak yang memperbincangkan Festival Perahu Naga tersebut.

" Pemerintah Kota Depok malah aneh, yang seharusnya ditampilkan kebudayaannya sendiri, ini malah menampilkan kebudayaan dari luar, seharusnya lebih melestarikan kebudayaan Depok yang jelas- jelas ada sejarahnya untuk kemajuan Depok itu sendiri," ujar Hamid.

Terpisah, Warga Cimanggis, Buchori juga menyayangkan acara Festival Perahu Naga yang diselenggaran Pemerintah Kota Depok, yang seharusnya mengembangkan budayanya sendiri guna masyarakat Depok mengetahui budaya Depok asli dan memperkenalkannya kepada masyarakat.

" Kebudayaan Depok harus diperkenalkan dikalangan masyarakat apalagi penting sekali bagi para pelajar agar lebih kenal dengan sejarah," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Sariyo Sabeni mengatakan, kegiatan yang diberi nama Festival Perahu Naga adalah kegiatan Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Depok. Di dalam acara tersebut menampilkan lomba dayung, kesenian budaya Depok diantaranya tarian topeng cisalak dan yang lainnya, selain itu untuk lebih memperkenalkan Setu yang ada di Kota Depok supaya masyarakat lebih memperhatikan serta merawatnya khususnya warga sekitar setu.

" Acaranya lebih ke olah raga dayung serta kesenian Depok yang lebih ditonjolkan, daerah luar depokpun ikut meramaikan kegiatan ini seperti  Tangerang, DKI, Bandung, Bekasi dan Bogor," ujar Sariyo.

Hal yang sama dikatakan Wakil Ketua DPRD Depok, Yetti Wulandari yang juga Pembina PODSI ( Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia ) Kepada wartawan berimbang.com, kegiatan tersebut merupakan bidang olahraga dayung dengan menampilkan peserta dari luar daerah Depok serta untuk memperkenalkan setu yang ada di Kota Depok dan juga untuk melestarikannya supaya setu lebih terawat dengan baik kedepannya. (Iik)

Tinggalkan Balasan