43 WNI Jadi Korban Kecelakaan Kapal Di Sabak

 24 Views

kapal tenggelam

BERIMBANG.COM – Kecelakaan kapal di Sabak Bernam, Malaysia telah menelan banyak korban jiwa warga Indonesiaa (WNI). Saat ini, tim SAR negeri Jiran telah menemukan 40 lebih jenazah WNI. Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya yang hanya berjumlah 20.

“Info pagi ini ex APMM telah menemukan 14 jenazah lagi sehingga total 43 jenazah,” ujarnya Dubes RI untuk Malaysia, Herman Prayitno melalui pesan singkat kepada wartawan, Minggu (6/9).

Temuan baru itu dijelaskan sudah dalam kondisi tidak baik dan akan dibawa ke Rumah Sakit Sabak Bernam. Sedangkan 29 jenazah lainnyaa ada di Rumah Sakit Ipoh dan Rumah Sakit Teluk Intan. Tim Kemlu sendiri masih membuka posko di Ipoh untuk memfasilitasi keluarga WNI melakukan tes pos mortem dan mengambil contoh data DNA korban.

“Data DNA keluarga dikoordinasikan oleh polisi di Balai Polis Sungai Senam berdekatan dengan Hospital Ipoh,” imbuh Herman.

Di rumah sakit itu, tim Disaster Victim Identification melakukan tiga tipe tes pos mortem. Pertama yakni dengan visualisasi atau melihat langsung fisik jenazah, hal ini bisa dilakukan jika tubuh korban masih baik. Kedua yakni dengan personal effect dan jika sudah rusak parah maka tim menggunakan tes DNA.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: