Pemkab Bogor Susun RDTR Kota Cibinong Raya, Perbanyak Sentra Bisnis

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 426 Views

BERIMBANG.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor segera menyusun Rencana Ditail Tata Ruang (RDTR) Kota Cibinong Raya yang terdiri dari tujuh kecamatan. Dalam pengembangan kawasan Kota Cibinong Raya, Pemkab Bogor akan perbanyak sentra bisnis.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin saat menggelar audiensi pemaparan rencana pengembangan kawasan tahun 2021, di Ruang Rapat Bupati Bogor, Rabu (10/02/2021).

Burhanudin menjelaskan akan melakukan revisi Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bogor sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.60 tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

Kemudian, lanjut dia, akan menyusun Rencana Ditail Tata Ruang (RDTR) Cibinong Raya yang terdiri dari tujuh kecamatan.

“Yang masuk RDTR Kota Cibinong Raya yakni Kecamatan Cibinong, Babakan Madang, Sukaraja, Citeureup, Bojonggede, Tajurhalang dan kemungkinan Kemang,”

“Berikutnya di Kota Cibinong Raya seperti wilayah Sentul dan Sukaraja akan menjadi kawasan Central Bisnis District (CBD). Kemudian tujuh kecamatan tadi akan kami perbanyak sentra bisnisnya”, terang Burhanudin.

Selanjutnya Burhanudin menjelaskan, penduduk Kabupaten Bogor sudah overload, dengan jumlah penduduk 6 juta lebih.

Pemkab, kata dia, sedang mengkaji kemungkinan di beberapa kecamatan tertutup untuk pembangunan perumahan, yang akan banyak dikembangkan adalah pusat ekonomi dan bisnis.

“Karena permasalahan perumahan setelah selesai dibangun developer, permasalahannya lebih berat di kami seperti masalah sampah, penerangan jalan umum, sarana air bersih, drainase, masalah sosial, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya,”

“Jadi lebih berat di kami. Maka kami mengajak seluruh stake holder pembangunan untuk berkolaborasi dengan baik,” terang dia.

Burhanudin menambahkan, tahun 2021 akan dilanjutkan pengembangan Bogor Outer Ring Road (BORR) sampai ke Serpong,

Dan di program PUPR akan dimulai juga pengembangan jalan tol Sentul Selatan sampai Karawang Barat. menurutnya itu peluang yang baik untuk investasi.

(Tim Diskominfo Kab. Bogor)