Published On: Tue, Oct 9th, 2018

Upacara Adat Seren Taun Menjadi Tradisi Bagi Masyarakat Desa Tajur Halang

Share This
Tags

BERIMBANG.COM, Bogor- Warga Masyarakat Kampung Tajur Halang, Rw 03 yang terdiri dari 4 Rt, Desa Desa Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor gelar Seren Taun. Hal tersebut merupakan tradisi secara turun temurun yang di lakukan dan sampai sekarang masih tetap dilestarikan oleh warga tajur halang.

Ratusan masyarakat desa tajur halang mengikuti prosesi upacara seren taun, yang dihadiri juga oleh Kepala Desa Tajur Halang, tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda, serta Calon Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Partai Golkar, Ujang Mintaraga yang juga warga tajur halang.

Dalam acara Seren Taun tersebut, sekaligus Peringatan Tahun Baru Islam yang ke 1440 Hijriah, warga berbondong-bondong arak- arakan dongdang yang isinya hasil tanaman bumi. Sebelumnya Acara diisi dengan menggelar pengajian, selanjutnya penampilan tari jaipong dan wayang golek asli budaya sunda asal dari kampung tajur halang sendiri, Ujar Kepala Desa Tajur Halang, Diding Sulaeman Kepada Berimbang.com saat ditengah-tengah keramaian, selasa (9/10/18)

Sementara itu, Robi Ketua Rw setempat mengatakan, Tradisi seren taun ini dilaksanakan pada setiap tahun sekali oleh semua lapisan masyarakat tajur halang.

"Upacara ini merupakan tradisi yang dilakukaan berulang-ulang menjadi satu agenda tahunan sebagai wujud syukur Kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan hasil panen yang melimpah dalam istilah upacara seren taun atau Sedekah bumi, acara ini tetap akan dilestarikan sampai generasi selanjutnya," ucap ucapnya. (Na/Yosef)

About the Author