Tahun 2020, Kelurahan Di Depok Bisa Membangun Jalan dan Lingkungan Sendiri

 78 Views

BERIMBANG.COM, Depok – Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Tahun 2020 tidak lagi mengintervensi kegiatan pembangunan dan peningkatan jalan lingkungan (jaling) serta drainase di kerjakan oleh PUPR, karena Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018, kegiatan di limpahkan di kelurahan berinisiatif membangun jaling sendiri.

“Kami mengacu pada Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan. Masing-masing kelurahan bisa melakukan kegiatan pembangunan wilayah secara mandiri,” ungkap Plt. Kepala DPUPR Kota Depok Sopian Suri pada media berimbang.com, di Hotel Bumi Wiyata, Rabu 20/02/19.

Dengan ada kepmendagri tersebut menurut Sopian, konsekwensinya seluruh aparat di Kelurahan terutama para Lurah sebagai Kuasa Pengguna Anggaran di harus meliki Sertifikasi bintek Pengadaan Barang dan Jasa. Hal ini menjadi pekerjaan BKPSDM, untuk menyiapkan perangkatnya.

“Insyaallah tahun ini kami akan konsultasi dengan berbagai stekholder, segera mengadakan bintek Pengadaan barang dan Jasa, sebab figur seorang Lurah itu harus bisa membagi dua pekerjaan besar sebagai pengayom Masyarakat dan sebagai penanggung jawab anggaran,” ujarnya.

Dikatakannya, dengan beralihnya anggaran ke kelurahan, maka akan berdampak pada penurunan pagu anggaran DPUPR tahun 2020. Dia menyebut, jika tahun 2019 DPUPR masih menerima anggaran sebesar Rp 348 miliar, maka pada tahun 2020 pagu anggaran yang didapat hanya Rp 186 miliar.

“Ada penurunan pagu anggaran, karena pengalihan kegiatan di kelurahan tadi. Pengurangan ini mencapai 54 persen dari pagu anggaran 2019,” tuturnya.

Sopian meminta kepada seluruh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di wilayah serta masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan anggaran, jika kebijakan ini telah berjalan.

“Mudah-mudahan dalam penerapannya, semua berjalan sesuai rencana,” tutup Sopian.(Adi).

%d blogger menyukai ini: