Pemerintah Kecamatan Cigombong Serta Karang Taruna Monitoring Terkait Penyaluran Bansos Provinsi

 48 Views

BERIMBANG.COM, Bogor – Pemerintah Kecamatan Cigombong bersama Karang Taruna tingkat Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor berperan aktif dalam pelaksanaan penyaluran Bantuan Sosial dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang melalui Desa-Desa yang langsung disalurkan kepada Masyarakat, sabtu (13/06/20)

Yazidil Bustomi, Kasi Pemberdayaan Kesejahteraan Masyarakat (PKM) Kecamatan Cigombong menjelaskan, Dalam melaksanakan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Provinsi Jawa Barat harus tepat sasaran.

Karena menurutnya, yang perlu diperhatikan oleh para aparatur terkait Bansos, amanat KPK di saat melakukan Rakor bersama Mensos, terkait data harus valid berdasarkan verifikasi. Maka, data perlu selalu ter upgrade sehingga tidak ada lagi double data atau warga yang sudah tidak layak dibantu tapi masih mendapatkan bantuan atau warga yang sangat membutuhkan tapi malah tidak terdata dan tidak mendapatkan bansos.

“Karena bansos ini sangat sensitif, maka dari itu semua perangkat pemerintah harus memperhatikan pedoman regulasi yang berlaku sehingga semua mekanisme dilaksanakan mulai dari aspek Perencanaan, Penatausahaan, dan Pertanggungjawaban,” jelasnya

Selanjutnya, Aparatur dari tingkat pusat sampai Rt/Rw harus memberikan sosialiasi terkait Bansos atas efek covid-19.
“Siapa, atau kategori yang berhak mendapatkan bantuan, dan dari mana tiap kategori tersebut sumber bantuannya,” jelasnya.

Sementar itu, Deny Ketua Karang Taruna Tingkat Kecamatan Cigombong mengatakan, dengan turunnya bantuan sosial dari Provinsi Jawa Barat untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19, pihaknya ikut memonitoring dalam pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut yang dilaksanakan pihak pemerintah Desa kepada warganya masing-masing, kususnya diwilayah Kecamatan Cigombong.

“Kami sebagai Karang Taruna tingkat Kecamatan Cigombong ikut berperan aktif untuk memonitoring penyaluran bantuan Povinsi Jawa Barat yang penyalurannya tersebut melalui Desa. Dilakunannya monitoring tersebut agar penyaluran bantuan tersebut tepat sasaran dan sesuai data yang sudah ditentukan,” ucapnya.

(Na/Wan)

%d blogger menyukai ini: