Pemdes Pasir Jaya Masuk Nominasi 10 Besar Penilaian Anugerah Pancaniti Apik Rkpdes

BERIMBANG.COM, Bogor- Tim Penilai Pancaniti Apik dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Bogor melaksanakan Penilaian Observasi Lapangan Tahap Empat, dalam penilaian anugrah Pancaniti Apik Rkpdes tahun 2018, dilaksanakan di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, senin (3/12/18) pagi tadi.

Pancaniti Apik ada lima tahapan, yang terkait  dengan rapi dan teliti dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan desa dengan musyawarah dan aturan . Hal tersebut dikatakan Rubydianti, Kasubid Pemerintahan Bapeda Litbang Kabupaten Bogor.

Lebih lanjut Rubydianti menerangkan, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong masuk dalam Nominasi sepuluh besar dari penilaian Anugrah Pancaniti Apik Rkpdes. Pancaniti Apik ada lima tahapan. yaitu, yang pertama penilaian oleh kecamatan, kedua penilaian oleh juri desa, ketiga penilaian oleh tim teknis bapeda, ke empat penilaian observasi lapang, dan ke lima penilaian indevenden dari perguruan tinggi dan juga dari kementrin yang membidangi desa. Jadi tujuan pancaniti apik ini tidak hanya mencari pemenang, tetapi pembelajaran bagi pemerintah desa.

"Pancaniti Apik sebagai bahan pembelajaran bagi pemerintahan desa, untuk meningkatkan bahan pelaporan adminitrasi termasuk Rkpdes ,maka setiap tahun pemerintah  kabupaten Bogor mengadakan pancaniti Apik dengan melibatkan semua unsur dalam penilaianya termasuk kepala desa. Desa Pasir Jaya ini pada tahun kemaren pernah menjadi juri, dan pada tahun sekarang menjadi peserta dan masuk nominasi sepuluh besar," terangnya Rubydianti kepada Wartawan.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Jaya Gina Garmina merespon baik dengan adanya tim penilai pancaniti apik tersebut, desanya yang ikut sebagai peserta telah masuk nominasi sepuluh besar. 

"Adanya pancaniti apik ini sangat bermanfaat bagi kami, ini sebagai pembelajaran yang fositif. Untuk menjadi juara itu harapn kami, maka kami akan terus berusaha sebaik mungkin sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai," ujarnya. 

(Na/Wan)