Bangunan Kelas Nyaris Roboh, Siswa SD Negeri Ciadeg 5 Terancam

 51 Views

IMG-20160225-WA0001

BERIMBANG.COM, Bogor – Puluhan siswa kelas 4, 5 dan 6 di Sekolah Dasar (SD) Negeri Ciadeg 5 di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, terpaksa harus mempertaruhkan keselamatannya dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Pasalnya, tiga ruang kelas yang selama ini digunakan kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan dan rawan ambruk.

Sungguh miris kondisi bangunan di sekolah ini. Tampak jelas dari sisi luar bangunan, atap sekolah ini sudah miring karena kuda – kuda kayu penahan atap gentingnya rapuh dan patah di beberapa bagian. Kondisi itu lebih jelas terlihat di bagian dalam ruangan. ┬áKarena plafond ruang kelas sudah roboh tak tertahan oleh kasau penahan yang lapuk.

Menurut Wakil Kepala SD Negeri Ciadeg 5, Sumiati, kondisi ini sudah berlangsung selama setahun terakhir. Sehingga, saat hujan turun, pihak sekolah terpaksa mengalihkan KBM ke lokal ruang kelas lain yang kondisinya layak secara bergantian.

“Kondisi ini sudah berlangsung selama setahun. Kami terpaksa mengalihkan KBM secara bergantian karena saat hujan turun ruang kelas ini banjir”, tutur Sumiati, wakil Kepala Sekolah bergelar S. Pd itu kepada berimbang.com.

Lebih lanjut, Sumiati mengatakan, kepala sekolah sebelumnya sudah mengajukan permohonan bantuan rehabilitasi bangunan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor. Namun hingga kini belum juga ada realisasinya.

“Kepala Sekolah yang sebelumnya sudah mengajukan bantuan tapi sampai sekarang belum ada jawaban. Tapi Kepala Sekolah yang baru juga sedang melakukan upaya yang sama”, tambah Sumiati.

Pihak sekolah berharap, Pemerintah segera memberikan bantuan rehabilitasi bangunan, sebelum terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Tehnis Pendidikan (UPT P) 38 Kecamatan Cigombong, Jenudin, mengatakan sudah berkoordinasi dengan anggota DPRD Dapil III agar mendorong permohonan bantuan yang diajukan jajarannya. “Saya sudah berkoordinasi dengan anggota dewan agar membantu mendorong aspirasi dari warga terutama di bidang pendidikan”, tandas kepala UPT Pendidikan Cigombong. (Raden Supriyadi)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: