Categories: Depok

Walikota Depok Resmikan Depok City Operation Room Untuk mempercepat layanan Publik

BERIMBANG.COM, Balaikota – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kembali melakukan inovasi terbaru dengan menciptakan Ruang Kendali Kota Depok atau Depok City Operation Room (DeCOR) yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris di lantai 5 Balaikota Depok, Rabu (23/01/2019).

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, bahwa DCOR merupakan pusat kendali terpadu yang terintegrasi dengan seluruh pelayanan di Kota Depok.

“Intinya pengadaan DeCOR ini sebagai upaya penerapan salah satu misi Kota Depok, yaitu penyelenggaraan pelayanan publik yang profesional dan transparan. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” tutur Idris pada media saat jumpa pers diruang room operation.

Idris menjelaskan, DeCOR akan terintegrasi dengan berbagai pelayanan publik di Kota Depok. Di antaranya pelayanan Area Traffic Control System (ATCS) yang dimiliki Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Call Center dan pelayanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 yang dimiliki Diskominfo, NTPD 119 yang dimiliki Dinkes, pelayanan pemadam kebakaran serta pelayanan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Setiap aduan yang dillaporkan secepatnya akan merespon ke instansi terkait. Misalnya ada kasus kriminalitas, laporan yang masuk melalui panggilan darurat 112 langsung diteruskan ke pihak kepolisian sehingga penanganannya lebih cepat,” ujarnya.

Mohammad Idris menambahkan, pihaknya akan terus meningkatkan sarana dan prasarana (sarpras) dalam memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Termasuk dengan menambah 10 CCTV di beberapa titik yang terintegrasi dengan DCOR tahun ini. Adapun titik-titik pastinya masih dalam perencanaan,” ungkap Idris.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskonfo) Kota Depok Sidik Mulyono menjelaskan, sasaran utama layanan DeCOR ini untuk menyempurnakan pelayanan publik baik pelayanan kepada masyarakat maupun pelayanan ke dalam Pemarintah Kota Depok. Sedang pembangunan DeCOR tersebut di biayai oleh APBD Kota Depok tahun 2018 dengan dua tahap pembangunannya.

“Dengan layanan akses sebagai pusat pengendali data dari seluruj Dinas terkait akan semakin mempermudah pelayanan pada masyarakat Kota Depok,” ujar Sidik.

Sidik juga menambahkan, pembangunan DeCOR kegiatan di kerjakan dua tahap, tahap pertama melakukan pembangunan Knfrastfuktur? Dan untuk tahap kedua di fokuskan peningkatan perangkag teknologi seperti pengadaan server, rak server dan perangkat lain yang menjnjang terbentuk operation room.

“Pemerintah Kota Depok membangun DeCOR ini di makdudkan agar pelayanan publik, layanan data, layanan sosial dan kejadian yang terjadi di Kota Depok dapat cepat, tepat dan akurat, sehingga kejadian demi kejadian dapat cepat terlayani dengan baik,”tutup Sidik. (Adi)

Comments are closed.

Recent Posts

SMPN 1 Caringin, UNBK Di Hari Terakhir Berjalan Lancar Sesuai Yang Direncanakan

BERIMBANG.COM, bogor- Sebanyak 328 Siswa - Siswi SMPN 1 Caringan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (unbk) ditambah 23 siswa -… Read More

14 jam ago

Jalur SSA A R Hakim Menjadi Kendala Pendistribusian Kotak Suara Di Kemirimuka

BERIMBANG.COM, Depok - Antusias  pemilih di Kelurahan Kemirimuka, Beji Kota Depok terlihat di beberapa TPS. Padatnya warga yang akan memberikan… Read More

1 minggu ago

Camat Cigombong Lantik Lima Pjs Kades Di Wilayah Kecamatan Cigombong

BERIMBANG.COM, Bogor - Untuk menjaga pelayanan publik tetap terselenggara Camat Cigombong melantik Penjabat Pementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) di wilayah… Read More

1 minggu ago

Maluku Satu Rasa Dukung Pemilu Damai Di Kota Depok

BERIMBANG.COM , Depok - Terbentuknya Organisasi Masyarakat Dewan Pimpinan Wilayah Maluku Satu Rasa ( M1R) yang beranggotakan sekitar 200 orang… Read More

1 minggu ago

SMPN 1 Caringin Gelar Workshop Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

BERIMBANG.COM, Bogor - SMPN Negeri 1 Caringin menyelenggarakan Workshop dengan tema meningkatkan kopetensi guru dalam mendesain media pembelajaran berbasis Power… Read More

1 minggu ago

Di Akhir Masa Jabatan, Kades Tugu Jaya Mengadakan Pembuatan Akte Kelahiran Dan Isbat Nikah

BERIMBANG.COM, Bogor- Meskipun di akhir jabatannya sebagi Kapala Desa Jugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Sugandi Sigit mengadakan kegiatan Isbat… Read More

2 minggu ago