Categories: Daerah

Pedagang Pasar Inpres Prabumulih Sepakat Di Relokasi

Pasar Inpres Prabumulih (Foto: Ist)

BERIMBANG.COM, Prabumulih – Relokasi ratusan pedagang yang menempati pasar inpres Prabumulih Kota Prabumulih tampaknya akan berjalan mulus. Setidaknya, sejauh ini telah terdapat kesepakatan antara para pedagang dengan pihak UPTD pasar Inpres Prabumulih.

“Setidaknya, kurang lebih sekitar 577 pedagang yg menempati pasar inpres prabumulih menyatakan setuju untuk direlokasi ke Pasar Tradisional Modern satu (PTM- 1).”, kata Kepala UPTD Pasar Inpres Prabumulih Taufik Hidayat SE diruang kerjanya kepada Berimbang.com. Rabu (11/2/2015).

Lahirnya kesepakatan relokasi  merupakan buah dari langkah upaya yang dilakukan secara persuasif antara pihak UPTD dengan para pedagang yang menempati pasar Inpres tersebut. Dari sejumlah rangkaian upaya pendekatan secara persuasif yang telah di lakukannya dapat menghasilkan solusi antara pihak UPTD dengan Pedagang.

 Menurut Taupik Hidayat SE, Kepala UPTD Pasar inpres prabumulih , pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang melalui perorangan  dan pedagang menyambut baik dengan relokasi yang akan di lakukan. Khusus untuk PKL kata dia, akan di lakukan penataan dengan secara dikelompokkan sesuai jenis dagangannya supaya tertib. Dalam waktu dekat akan di berikan surat edaran.

“Untuk pedagang yg berada di Andalas dan jalan Buntu tidak dipindahkan karena lahannya tidak mencukupi, pada saat pembongkaran, keliling pasar akan di pagar, kita meminta agar para pedagang tidak berjualan selama pelaksanaan pembangunan PTM 2 demi keamanan dan keselamatan bersama, khawatir debu dan lainnya.

“Warga dan Pedagang  menerima dengan baik apa yang sudah kita sampaikan bahkan sangat mendukung kegiatan ini. Rencananya sejumlah 557 yg menempati kios di tambah  44 yang di emperan kios dan 87 pedagang yang memiliki SK di prioritaskan, KE 87 pedagang tersebut  sudah di relokasi di lapangan Polsek Prabumulih timur. Sebelumnya menempati bekas terminal Prabumulih akan lebih dulu di pindahkan ke PTM1 karena sebelumnya sudah ada perjanjian. Diperkirakan sekitar bulan tiga akan di lakukan penempatan di PTM 1,” ungkap Taufik.

Masih menurut Taufik,” Pedagang di Fasilitasi Pemkot ( Pemerintah Kota) secara Gratis alias tidak di pungut biaya malah kemungkinan akan di bantu oleh Pemkot, dibuatkan Lapak sementara bagi pedagang yang lainnya selama pembangunan PTM 2.

 Terpisah ketua komisi II Nuryadi MZ SE mengatakan, mekanisme pembagiaan lapak di serahkan semua kepada Pemerintah Kota Prabumulih.

“Kita sepakat ke 87 pedagang yang sebelumnya di relokasi kelapangan Polsek Prabumulih Timur di Prioritaskan menempati PTM 1, hanya saja mereka belum Permanen karena menunggu PTM 2 selesai di bangun,selanjutnya para pedagang yang sudah punya SK harus di Prioritaskan,” ujar Nuryadi.(Rahmat Budianto)

Share

Recent Posts

Perumahan Cluster Di Pasir Putih Banyak Tak Berizin

BERIMBANG.COM, Depok - Maraknya perumahan berbentuk Cluster atau hanya beberapa unit di kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan Kota Depok banyak… Read More

14 jam ago

Polsek Cijeruk Dan Basamu Berikan Air Bersih Kepada Masyarakat Cijeruk

BERIMBANG.COM, Bogor - Musim Kemarau yang berkepanjangan membuat beberapa Warga di Kabupaten Bogor dan sekitarnya kesulitan untuk mendapatkan Air Bersih, karena… Read More

1 hari ago

Muspika Kec Cigombong Melaksanakan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringati HUT RI Yang Ke-74

BERIMBANG.COM, Bogor – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) menjadikan sebuah kewajiban bagi seluruh Instansi Pemerintahan,… Read More

2 hari ago

Festival Kuliner RW 03 Cinangka Dapat Apreasi Dari Wakil Walikota Depok

BERIMBANG.COM, Depok - Festival kuliner RW 03 kelurahan Cinangka mendapat apresiasi yang luar biasa dari wakil walikota Depok Pradi Supriatna… Read More

3 hari ago

Dalam Rangka HUT RI Ke 74, PDAM Tirta Asasta Diskon 50 Persen

BERIMBANG.COM, Depok - Dalam rangka HUT Republik Indonesian (RI) ke 74 dan Hari pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal… Read More

3 hari ago

Persetujuan DPRD Kota Depok terhadap RAPERDA Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019

BERIMBANG.COM, Depok - Rapat Paripurna DPRD Kota Depok dalam rangka Persetujuan DPRD Kota Depok terhadap RAPERDA Perubahan APBD Tahun Anggaran2019,… Read More

3 hari ago